Komisi D Janji Sidak Puskesmas Berkinerja Buruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Komisi D Janji Sidak Puskesmas Berkinerja Buruk

Komisi D Janji Sidak Puskesmas Berkinerja Buruk

Written By Mang Raka on Senin, 16 Mei 2016 | 12.30.00

TEMPURAN, RAKA - Memiliki layanan 24 jam dengan seabreg fasilitas obat, alat kesehatan dan tenaga medis, ternyata belum memuaskan pelayanan Puskesmas. Hal ini diakui langsung oleh Sekretaris Komisi D DPRD Karawang H Endang Sodikin setelah mendengar minimnya layanan UPTD Puskesmas Tempuran baru-baru ini.
Menurutnya, ia sepakat jika pelayanan kesehatan milik pemerintah itu ternyata memang masih jauh dibanding klinik-klinik swasta yang selama ini sudah mandiri. "Atas kejadian di Tempuran itu membuktikan bahwa ada yang belum beres dari sisi layanan Puskesmas selama ini. Kita wajib evaluasi," tandas politisi Partai Gerindra Karawang ini.
Ia menambahkan, evaluasi terhadap puskesmas diperlukan karena memang kesehatan merupakan hak dasar masyarakat. Maka tidak boleh lagi ada alasan bahwa uang kapitasi dan TPP yang diterima para pegawai puskesmas menjadi alasan pelayanan menjadi memble.
Apalagi tandas Endang,  Komisi D juga tengah disibukan agenda menjadikan puskesmas sebagai pusat layanan secara mandiri mengelola keuangan dan pelayanannya dalam Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Tapi ironis jika ia mendengar adanya persoalan seperti di Puskesmas Tempuran, bahwa ada IGD tanpa penjagaan, rekam medis yang seharusnya bisa dirawat malah diminta rawat jalan. "Mereka kan mau BLUD nanti, kalau kejadiannya seperti ini saya janji, sebelum puskesmas ini mau mandiri, kita akan sidak," kata dia.
Kades Pancakarya Ata Sutisna Jilun mengatakan pihaknya mengakui ada layanan Puskesmas yang kurang memuaskan terhadap warganya. Apalagi yang bersangkutan sebagai pemegang BPJS. Ia melihat, evaluasi puskesmas ini memang diperlukan bukan saja bagi Tempuran, tapi semua puskesmas di Karawang. Jangan ada lagi tambah Jilun, masyarakat mengeluh sakit namun pelayanannya justru dikeluhkan. Untuk itu, ia berharap setelah kejadian ini ada perubahan peningkatan pelayanan yang lebih optimal bagi para pegawai Puskesmas. "Ya semoga saja kedepan kita mah harap ada perubahan pelayanan yang lebih optimal," tandas dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template