Ketua Kwarcab Harus Akomodir Kepentingan Pramuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ketua Kwarcab Harus Akomodir Kepentingan Pramuka

Ketua Kwarcab Harus Akomodir Kepentingan Pramuka

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 13.00.00

TEMPURAN, RAKA - Paska terpilihnya ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Karawang yang baru, seabreg harapan disematkan agar Pramuka dibawah kendali Dadan Sugardan menjadi berkembang dan matang paska vakumnya roda kepramukaan beberapa tahun terakhir.
Dikatakan Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Tempuran, Muhammad Wasim S.pd, bahwa sesudah terpilihnya nahkoda baru Kwarcab, kualitas pendidikan kepramukaan harus lebih matang. Selain wajib ditopang anggaran yang besar, Pramuka juga harus semakin hidup dan diminati tanpa sekat tingkatan antara SD, SMP maupun SMA. Karena, kata dia, figur sekaliber Dadan Sugardan merupakan kepala dinas yang bisa mengakomodasi kepramukaan secara menyeluruh.
Tempuran terus Wasim, memang beruntung karena memiliki Bumi Perkemahan Jaya Koncara yang tidak semua Kwaran memilikinya. Namun ia ingatkan, janji-janji kwarcab sebelumnya harus bisa terealisasikan. Terutama tentang pemagaran maupun sarana infrastruktur kepramukaan di tingkat kwaran. Wasim menyebut anggaran yang diploting Rp 400 juta untuk Pramuka, selama ini sama sekali belum menyentuh operasional di tingkat Kwaran, baik kegiatan maupun jambore. "Semoga pengurusnya makin matang dan anggarannya terus bertambah hingga menyentuh Kwaran, apalagi selama ini Pramuka vakum setelah ditinggal ketuanya," tandas dia.
Kepala SDN Jayanegara II ini menambahkan kendati Dadan Sugardan figur kepala dinas, namun ia yakin bisa membagi waktu dengan Pramuka. Selama ini Dadan selalu getol menghadiri kegiatan pendidikan ke lapangan langsung. Disamping juga, ia juga disiplin dalam membuat perencanaan hingga pelaksanaan. "Semoga partisipasi kepramukaan semakin besar, dan punya perencanaan yang lebih matang," ujar dia.
Senada diungkapkan Ketua Kwaran Pramuka Kecamatan Telagasari Marjudi S.pd yang menurutnya seorang kepala dinas justru sangat strategis menjabat Kwarcab Pramuka.
Apalagi sebelum Dadan sudah ada Sekda Iman Somantri, mantan wakil bupati Salahudin Mufti hingga terakhir Hj Nurlatifah. Mereka merupakan soso yang bisa mengakomodasi kepentingan finansial pramuka. Maka ia juga berharap, meskipun jabatan Kwarcab saat ini disandang kepala dinas, tapi tidak mengurangi pengaruh kepengurus. Sebab pramuka kini kian matang. Ia juga menyarankan, Dadan Sugardan bisa merekrut pengurus harian bersama formatur yang lebih siap membesarkan nama Pramuka. "Kita hanya berharap pengurus harian Kwarcab nanti yang benar-benar loyal dan memiliki komitmen membesarkan Pramuka," pungkas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template