Kerja Dulu, Nikah Lalu Kuliah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kerja Dulu, Nikah Lalu Kuliah

Kerja Dulu, Nikah Lalu Kuliah

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA – Berbagai rencana para pelajar setelah menerima pengumuman kelulusan yang sudah diumumkan beberapa hari yang lalu di masing-masing sekolah. Mulai dari memutuskan untuk memilih bekerja dan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi bahkan yang mau menikah pun ada.
Seperti yang disampaikan salah satu siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Karawang, Firda (17). Perempuan berwajah manis asli Karawang ini lebih memilih untuk bekerja dibanding harus kuliah. Sebab, bagi dia, bukan tidak ada rencana untuk melanjutkan sekolah. Namun ingin terlebih dahulu mendapatkan pengalaman. “Mau kerja dulu baru kuliah ngejar dulu pengalaman, kalau cita-cita sih ingin jadi pramugari, soalnya enak bisa jalan-jalan terus dapat uang lagi” ucap gadis lulusan IPA 4 ini, sambil tersenyum di salah satu kantin yang ada di sekolah.
Hal serupa juga disampaikan Dita, teman satu kelasnya ini juga lebih memilih untuk bekerja dan mencari uang terlebih dahulu dibanding harus mengeluarkan biaya untuk kuliah. Karena bagi dia, suatu hal yang membanggakan jika segala sesuatu didapat dari hasil sendiri. “Tidak mau merepotkan orangtua dan tidak mau menambah beban mereka, jadi kerja dulu nikah baru kuliah, kalau cita-cita aku sih pengen jadi bidan biar bisa membantu orang lahiran cuman takut darah,” akunya sambil tertawa bersama teman sebayanya.
Namun justru berbeda bagi Rizka, perempuan yang terlihat sedikit tomboy ini lebih memilih untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Karena bagi dia pendidikan sangat penting. Jangan karena hanya perempuan sehingga tidak brehak untuk berkarir. “ Kalau aku mau dilanjut ke Unsika ngambil jurusan teknik mesin soalnya suka banget sama merancang gituh,” tuturnya. (yna)

Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. banyak faktor yang menyebabkan seseorang memilih setelah lulus SMA, ekonomi dan keluarga (orang tua) alasan yang paling banyak. setidaknya mereka punya cita2 mau mandiri tampa membebani orang lain.

    BalasHapus
  2. Maaf sebelum nya saya mau membenarkan. Tapi ketika d wawancara salah satu dr kita gaada yg bilang tntg 'nikah', dan untuk saya sendri firda,mksd sy adalah bekerja dulu untuk skrg, bru kuliah d thun depan itupun sambil kerja. Bukan brarti sy tdk mementingkan pendidikan yg tinggi. Sy hanya tdk ingin trlalu merepotkan org tua. Trmksh.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template