Kenakalan Pelajar Kian Mencemaskan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kenakalan Pelajar Kian Mencemaskan

Kenakalan Pelajar Kian Mencemaskan

Written By Mang Raka on Senin, 09 Mei 2016 | 14.30.00

*Pemda Didesak Lakukan Tindakan Persuasif

TEGALWARU, RAKA - Kenakalan remaja yang melibatkan pelajar dan anak usia sekolah membuat orang tua semakin khawatir. Karenanya, mereka mendesak pemerintah daerah akan melakukan upaya antisipasi aksi-aksi tersebut. Paling tidak dengan melakukan pendekatan persuasif, baik secara langsung ataupun melalui media pendidikan non formal.

Perlu dijelaskan, saat ini tingkat kenakalan remaja tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah, orang tua serta lingkungan. Namun dengan banyaknya kebutuhan dan kepentingan masing-masing individu lupa akan pentingnya peranan semua pihak untuk meminimalisasi terjadinya ekses kriminalisasi di tingkat remaja, baik dari kenakalan narkoba, pelecehan seksual maupun seks bebas.
"Tindakan serius harus ditempuh pemerintah dalam menyikapi maraknya kenakalan remaja yang cenderung mengarah ke arah kriminalisasi. Pencegahan tersebutelalui  pendidikan non formal dengan melibatkan semua stagholder. Sehingga pengetahuan bahaya laten itu bisa disosialisasikan di level terkecil yaitu di usia-usia dini agar mengetahui dan mentaatinya," ucap tokoh masyarakat Desa Mekarbuana, KH.Sukardi, Minggu (8/5).
dia menyampaikan, kenakalan remaja saat ini sudah masuki tahapan awas, yaitu mesti waspada. Tuntunan mereka kini banyak bahkan dari sisi religi pun sudah semakin pudar. Sehingga pemerintah dituntut keberanian untuk melakukan evaluasi terkait kebijakan pendidikan agar mendapatkan remaja yang berkualitas. "Bila perlu pemerintah melaksanakanya dengan tegas agar negara ini mempunyai generasi serius untuk kemajuan bangsa di landasi oleh tiang agama," tandasnya.
Sudah semestinya, lanjut Sukardi, pemerintah duduk bersama membahas paham-paham laten produk bahaya agar remaja tidak terlalu terjerumus yang justru malah mencetak generasi gurem. Seperti banyaknya skandal yang diberitakan. Seperti pemerkosaan yang dilakukan secara biadab, itu karena pemerintah dan orang tua juga lingkungan kurang antisipatif terhadap gejala-gejala yang ada.
Secara terpisah, Kepala Desa Cintalanggeng, Emuh menerangkan, tingkat kenakalan remaja bisa ditekan asalkan semua elemen tegas. Berlakukan kembali jam belajar di sekolah-sekolah. Berlakukan jam malam bagi pelajar dan lakukan sosialisasi informasi hukum, dan sosial di setiap individu dan bukan saja anaknya juga orang tuanya sekalian.
"Lingkungan terutama orang tua harus lebih mengetahui juga peranannya serta lingkungan pun waspada maka saya yakin kualitas remaja ke arah positif bisa terselenggara dengan baik, juga tak lepas dari keseriusan pemerintah pusat, daerah dan kecamatan, agar bisa mendapatkan kualitas remaja yang bisa menjanjikan ke depannya," tegasnya.
Sementara itu, pengelola PAUD Dahlia 1, di kampung Cirawa, Desa Cintalanggeng Adelia.S. menjelaskan, dirinya menyambut baik sekali jika pemerintah melakukan Class Action (tindakan aktual) untuk bisa menekan angka kenakalan remaja yang saat ini cukup memperihatinkan. Terlebih di wilayah Karawang Selatan yang menjadi zona wisata. Peradaban kota kadang dijadikan gaya yang harus ditiru di lingkungan pelajar di wilayah selatan Karawang ini," tuturnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template