Kades Dukuhkarya Gadaikan Sawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Dukuhkarya Gadaikan Sawah

Kades Dukuhkarya Gadaikan Sawah

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 13.30.00

-Tutupi Kekurangan Pembangunan Kantor Desa

RENGASDENGKLOK, RAKA - Pembangunan Kantor Desa Dukuhkarya hingga saat ini belum juga rampung. Kades bahkan terpaksa menggadaikan sawah miliknya agar kesulitan keuangan yang tengah didera desa tidak mengganggu pembangunan.
Karena kantor belum juga selesai dibangun, mereka terpaksa menempati kantor desa sementara hingga saat ini. Bendahara Desa Dukuhkarya Rengasdengklok Budi Mulyana mengemukakan prototipe kantor desa sudah diluncurkan Dinas Cipta Karya dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Rp 609 juta. Kendati demikian, Surat Keputusan (SK) Bupati Karawang mengenai pembangunan kantor ini hanya cair Rp 400 juta. "Maka dari itu, memiliki selisih kekurangan yang cukup lumayan," katanya kepada Radar Karawang, Rabu (11/5).
Pencairan Dana Desa terbagi dalam 2 tahap, yakni 60 persen, dan 40 persen. Hingga saat ini, kucuran tahap 1 sudah dikelola hingga sudah 97 persen prototipe diselesaikan. Untuk menutupi kekurangan yang ada, Kepala Desa (Kades) Dukuhkarya, Komar Irawan terpaksa gadai sawah. "Kades sampai gadai sawah demi menutupi kekurangan dana pembangunan kantor desa," tuturnya.
Tidak ingin menentang keputusan Pemerintah Daerah (Pemda), ia pernah bertukar pikiran dengan camat, kasi pemerintahan, dan kasi ekbang. Sayangnya sampai saat ini belum ada tindaklanjut. Ekbang Desa Dukuhkarya, Carum menuturkan dana desa tahap 2 bulan ini akan diterima desanya mengingat kondisinya sudah sangat dibutuhkan desa. "Pembangunan desa itu demi kebutuhan masyarakat, jika ditunda maka aktivitas masyarakat Desa Dukuhkarya dapat terhambat," kata dia.
Agar pelayanan tidak terganggu, komunikasi dengan warga perihal pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Bantuan langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kian intens dilakukan. "Kekhawatiran warga, khususnya Desa Dukuhkarya ada yang tidak tahu mengenai pelayanan kami. Maka dari itu, asal jangan terjadi miss komunikasi saja," tandasnya. (cr3)    
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template