Jatah Pengawas UN SD Hanya Rp 10 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jatah Pengawas UN SD Hanya Rp 10 Ribu

Jatah Pengawas UN SD Hanya Rp 10 Ribu

Written By Mang Raka on Sabtu, 14 Mei 2016 | 15.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Menjadi guru SD memang pahit. Apalagi yang masih berstatus honorer. Selain upah tidak layak, jatah mengawas Ujian Nasional (UN) yang akan digelar Senin (16/5) nanti, hanya Rp 10 ribu per hari. Kecemburuan juga muncul ketika mereka tahu jika guru SMP dan SMA, justru dibayar Rp 50 ribu per hari.
Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Cilamaya Wetan, Drs Yahya Hambali menuturkan, dalam rapat yang sudah digelar di SDN Tegalsari 1, dirinya menyampaikan jika pengawas UN yang bekerja pukul 08.00-10.00 WIB selama tiga hari, hanya dibayar Rp 10 ribu per hari. "Dananya bukan dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah) tapi dari Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga)," ungkapnya kepada Radar Karawang, Jumat (13/5) kemarin.
Senada diungkapkan Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Lemahabang Rusta Anzela. Honor pengawas UN SD masih dijatah Rp 10 ribu per hari. Itu belum dipotong PPh. Jika dikalikan selama 3 hari, maka pengawas hanya memperoleh Rp 30 ribu. "Saya gak tahu kenapa honornya sama dengan tahun kemarin," ujarnya.
Jika dihitung per jam, kata Rusta, guru SD hanya menerima Rp 3,3 ribu. Karena dalam sehari hanya ada satu mata pelajaran, dan siswa sudah bisa pulang sekitar pukul 10.00 WIB. "Kalau dari BOS mah gak cukup, ya Rp 10 ribu itu dipotong PPh," ungkapnya.
Guru SMPN 1 Cilamaya Wetan, Chatim Sumpena S.Pd mengatakan, honorer yang ngawas UN SMP menurut pemerintah dalam Surat Pertanggungjawaban (SPJ) diberi Rp 50 ribu per hari, jika dikalikan selama 4 hari para pengawas UN SMP ini memperoleh Rp 200 ribu. "Kalau SMP tidak boleh pelaksanaan UN untuk honor ngawas itu dibayar oleh BOS," ungkapnya.
Bendahara SMAN 1 Lemahabang, Jaja Jalaludin S.Pd mengungkapkan, dalam catatan guru yang menjadi pengawas UN tingkat SMA, honor transport Rp 50 per hari dari pemerintah. "Tapi ada juga tambahan dari sekolah," ungkapnya.
Kabid Dikdas Disdikpora Kabupaten Karawang Cecep, saat disinggung jatah ngawas guru SD saat UN Rp 10 ribu per hari, sampai berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan balasan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template