Jangan Sepelekan Tugas Perawat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jangan Sepelekan Tugas Perawat

Jangan Sepelekan Tugas Perawat

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Mei 2016 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Perawat merupakan profesi mandiri dengan segala kompetensi yang dimiliki. Di saat seorang dokter bertugas memberikan pengobatan, maka seorang perawat berperan dalam meberikan perawatan yang berkesinambungan. Oleh karena itu, tugas seorang perawat tak bisa disepelekan.
Direktur Rumah Sakit (RS) Siloam Purwakarta dr Irwan Gandana MARS mengatakan, seorang dokter bertemu dan berkomunikasi dengan pasiennya, rata-rata hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja dalam sehari. “Namun perawat bisa 24 jam berhubungan dengan pasien tersebut. Mereka lebih intens memberikan perhatian dan perawatannya dibandingkan siapa pun yang ada di rumah sakit,” kata Irwan,  saat memberikan sambutan pada peringatan International Nurses Day yang digelar di Aula RS Siloam Purwakarta, Kamis (12/5).
Yang paling istimewa kata Irwan, perawat berperan sebagai ujung tombak pelayanan sebuah rumah sakit. “Kalau kita ingin membuat perbedaan pada sebuah rumah sakit, maka yang bisa membuat perbedaan itu adalah para perawat,” ujarnya.
Hal senada diungkapkan Division Head of Nursing Development and Clinical Operations Lidya Fitriana S.Kep. “Rumah sakit saat ini semakin berkembang dan penuh persaingan. Gedung bisa sama megah, perlatan dan fasilitas bisa sama canggih. Namun dari sisi pelayananan atau servis yang dapat membedakannya,” katanya.
Tugas utama menjadi seorang perawat diantaranya yakni memberikan servis terbaik bagi pasien. “Itu lah mengapa RS Siloam memiliki banyak sekali program, baik soft skill maupun hard skill untuk meningkatkan kompetensi perawat. Di mana tujuannya bisa memberikan layanan terbaik kepada pasien. Sehingga pada saat pulang ke rumah, pasien akan tersenyum,” ujarnya.
Disinggung terkait kesejahteraan, Lidya mengatakan, sejak adanya UU Keperawatan semakin menyejahterakan perawat. “Terlebih di RS Siloam kami memperhatikan benar kesejahteraan perawat. Baik itu melalui berbagai program peningkatan kompetensi hingga jenjang karir yang jelas,” kata dia.
International Nurses Day atau yang juga dikenal dengan Hari Perawat Internasional merupakan hari yang menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat yang dirayakan setiap 12 Mei setiap tahunnya. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan hari kelahiran Florence Nightingale, yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern.
Pada peringatan tahun ini Siloam Hospitals mengangkat tema Siloam Nurses On The Journey From Good To Great. Ada beberapa rangkaian acara yang digelar, di antaranya Nurses Idol, Stand Up Comedy, hingga Cerdas Cermat Antarperawat. Sementara pada hari-H, RS Siloam membagi-bagikan bunga kepada pasien dewasa dan cokelat bagi pasien anak-anak. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template