Jalan Pematang Sawah Dianaktirikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Pematang Sawah Dianaktirikan

Jalan Pematang Sawah Dianaktirikan

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 14.30.00

TEMPURAN, RAKA - Buruknya sarana infrastruktur di wilayah pertanian Karawang terus diutarakan petani dan warga yang sehari-hari hidup dari bidang tersebut. Minimnya perhatian pemerintah dianggap membuat mimpi mewujudkan swasembada pangan menjadi sulit terwujud. Belum lagi soal sulit dan mahalnya pupuk yang sangat vital untuk meningkatkan produksi mereka.
Udin, warga Dusun Pagelaran Desa Dayeuhluhur Kecamatan Tempuran menyatakan bahwa jalan rusak di wilayahnya sudah sedemikian parah. Bahkan tak jarang, petani pun kesulitan untuk beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor. "Apalagi kalau lagi panen, waduh susahnya bukan main mau ke sawah-sawah. Rata-rata truk pengangkut ogah repot. Kalau mau, mereka membebankan biaya transportasi diluar harga gabah yang sudah ditetapkan. Alasannya mereka harus keluar bensin lebih banyak lagi. Itu belum termasuk biaya jika kendaraan yang mereka gunakan terperosok atau patah roda as, biayanya akan lebih mahal lagi," keluhnya.
Bagi petani tak bermodal kuat, mereka hanya bisa mensiasatinya dengan mengangkut hasil panen dengan menggunakan motor. Satu persatu dari ratusan karung itu diangkut dengan kendaraan roda dua itu. Jelas saja upaya ini memakan waktu dan tenaga. "Kalau pakai motor itu ya sudah mah lama, tenaga juga habis karena capek sekali ngangkut satu satu bolak-balik pabrik ke lokasi panen. Bensin juga tekor, cuma lebih hemat dibanding menggunakan truk," sambungnya.
Edi, masih warga Pagelaran lainnya meminta agar pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan sarana jalan menuju sawah. Menurutnya, bukan berarti sawah jarang dilalui lalu jalannya dianaktirikan, justru jalan sawah yang baik akan mendongkrak harga gabah lebih kompetitif. "Keuntungan yang didapat pun bisa lebih banyak," tandasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template