Jaga Lingkungan dan Ekosistem Laut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jaga Lingkungan dan Ekosistem Laut

Jaga Lingkungan dan Ekosistem Laut

Written By Mang Raka on Senin, 02 Mei 2016 | 11.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Disaat perkotaan sibuk dengan hiruk pikuk aksi unjuk rasa buruh pada 1 Mei, puluhan siswa dan masyarakat di lingkungan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Asolahiyah Desa Pasirjaya memilih bersih-bersih lepas pantai pesisir Tanjungbaru.
Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei ini, siswa paket C itu dididik peduli lingkungan dan menjaga ekosistem laut yang tersohor lewat tembang Almarhum Darso ini.
Pengelola PKBM Asolahiyah Desa Pasirjaya, Heru Saleh menuturkan, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini diprogramkan melalui gema "Edu Green".
Kata itu sendiri diambil dari edukasi yang artinya mendidik dan Green yang artinya penghijauan. Karenanya, lewat program ini, pihaknya bermaksud mendidik generasi dan masyarakat untuk peduli lingkungan, terutama menjaga ekosistem laut dan lingkungan daerah pesisir dari bahaya sampah plastik atau non organik. "Kita sisir pantai pesisir ini untuk membersihkan sampah-sampah plastik, lewat kegiatan ini kita didik anak menjaga ekosistem laut," Ujarnya.
Dengan peringatan yang diusungnya "laut adalah masa depan kita", pihaknya ingin memberikan edukasi agar semua masyarakat berhenti membuang sampah dan limbah ke laut. Karena pada dasarnya, baksos membersihkan pantai dari sampah-sampai non organik ini bukan saja dilakukan lembaga pendidikan yang dekat dengan Tanjungbaru, tetapi juga menjadi tanggungjawab semua pihak saat berkunjung ke pesisir utara Karawang ini.
Karena, sampah non organik, kata dia, bisa diolah menjadi hasil prakarya yang bernilai ekonomis ketimbang dibuang ke pantai. Pihaknya, dalam waktu seharian pada Minggu (1/5) ini, terjun sedari pukul 08.00 pagi sampai sore hari. Selain itu juga ia menggelar promo pembuatan prakarya dari sampah non organik atau barang-barang bekas yang bisa didaur ulang. "Tidak banyak yang tahu sampah itu bisa juga bernilai ekonomis jika dilatih prakaryanya, untuk itu mulai saat ini mari stop kotori laut dengan sampah," seru dia. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Jadikan Tanjung baru jadi tempat wisata yang bisa menggenjot kegiatan ekonomi

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template