Jaga Kebersihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jaga Kebersihan

Jaga Kebersihan

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 12.30.00

BATUJAYA, RAKA - Masyarakat diajak menjaga kebersihan lingkungan. Kepala Desa Karyamakmur Harkasim mengatakan, tujuan kegiatan tersebut ialah untuk membangun jiwa msayarakat dalam berperilaku hidup bersih dan membangun jiwa gotong royong.
Sebab, kebisaan tersebut harus dilakukan setiap hari guna membangun masyarakat yang jauh dari penyakit. "Selain untuk menjaga kebersihan kita hidupkan kembali jiwa gotong royong dalam membangunan desa," katanya.
Lanjutnya, kegiatan tersebut rutin dilakukan dalam waktu satu minggu sekali bertepatan di hari Jumat atau sering disebut jumsih. "Seminggu sekali kita selangkan waktu untuk bersih-bersih lingkungan bersama, dan itu juga untuk kebaikan mereka sendiri jika lingkungan bersih yang merasakan juga mereka," ucapnya.
Selain itu, dia juga mengajak kepada semua masyarakat untuk tidak lagi membiasakan diri membuang sampah sembarangan. Karena diketahui timbulnya segala penyakit bukan bersal dari makanan yang dikonsumsi saja, namun itu bisa terjadi jika lingkungan itu kotor. "Percuma dong jika setiap seminggu sekali kita melakukan kebersihan bersama, tapi kebiasaan buruk yang dilakukan warga tetap utuh, maka dari itu saya ajak juga mereka untuk tidak lagi melakukan kebiasaan itu, minimal mereka sadar untuk jangan membuang sampah sembarangan," tegasnya.
Diharapkannya, dengan diadakannya kegiatan tersebut bisa membuat masyarakat sadar bahwa pentingnya kesehatan dan kebersihan. Karena kebisaan baik walaupun kecil akan menjadi bernilai besar jika dilakukan setiap hari. "Saya harap kebiasaan ini akan terus terjalin kepada mayarakat dan itu harus selalu ada yang menjadi pelopor, kedepan kita bukan lagi memaksa ini, tapi sudah menjadi kebiasaan," harapnya.
Iroh, salah satu warga menilai kegiatan tersebut memang baik, apalai musim hujan akan mulai datang. Maka dari itu, sema harus dipersiapkan seperti membershkan halaman dan selokan. "Jaga-jaga aja sebelum musim hujan tiba, sedia payung sebelum hujan," tuturnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template