Irigasi Surut Ikan di Kutajaya Makin Melimpah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irigasi Surut Ikan di Kutajaya Makin Melimpah

Irigasi Surut Ikan di Kutajaya Makin Melimpah

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 12.30.00

KUTAWALUYA, RAKA - Warga Desa Kutajaya Kecamatan Kutawaluya Karawang biasa berburu ikan saat irigasi surut. Menurut mereka, pada musim panen stok ikan di irigasi malah melimpah dan menjadi berkah bagi mereka karena bisa dibawa pulang dan disantap keluarga.
Irigasi sepanjang di Desa Kutajaya Kecamatan Kutawaluya saat ini surut dan dimanfaatkan warga untuk memancing. Ada (50) menyebut kondisi irigasi surut terjadi 2 kali dalam setahun. Air yang surut dimanfaatkan warga berburu ikan. Bahkan tidak sedikit buruan ikan bisa mereka dapatkan dan dijadikan beragam olahan makanan rumah tangga. "Irigasi surut pas musim panen. ketika surut, banyak warga yang nangkep ikan seperti saat ini," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (19/5).
Beragam ikan seperti nilem, tawes, belut, dan jenis ikan air tawar lainnya berhasil dikantongi warga. Dengan bermodalkan jala saja, warga bisa mendapatkan ikan dengan saringan, kantong plastik, karung, hingga tangan kosong untuk menangkap. Warga tidak segan menceburkan diri mencari ikan di sungai. "Mulai jam 12 siang kira-kira kita menangkap ikan," katanya.
warga lainnya, Deni (12) mengatakan, bagi mereka yang hanya mengandalkan kedua tangan saja untuk menangkap ikan, perlu meraba sampai kedalaman irigasi hingga lumpur tak jarang melekat di tubuh mereka. Untuk mengelabui pemburu, ikan bersembunyi di dasar irigasi. Tidak jarang, ikan berhasil ditangkap dari sampah plastik yang tersangkut baik dipinggir irigasi maupun jembatan. "Kalo gak ngumpet di lumpur, biasanya berada plastik ataupun wadah lainnya yang tersangkut," tandasnya. (cr3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template