Home Industri Majalaya Butuh Bantuan Modal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Home Industri Majalaya Butuh Bantuan Modal

Home Industri Majalaya Butuh Bantuan Modal

Written By Mang Raka on Senin, 02 Mei 2016 | 14.30.00

MAJALAYA, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang didesak untuk membuat sentra industri yang dapat memasarkan hasil produksi home industri, serta memberikan fasilitas pemasaran ke luar kota. Banyak para pengusaha kecil yang bangkrut karena Pemkab Karawang tidak serius memperhatikan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang diminta memperbanyak industri rumahan serta melakukan pembinaan yang berkelanjutan, terutama terhadap para pelaku industri perumahan. Kecamatan Majalaya dikenal memiliki banyak penggiat industri mulai dari kerajinan rotan, fiber glass hingga pembuat tahu. Mereka membutuhkan dana stimulan untuk pengembangan usaha. "Peran dinas terkait selama ini sangat minim serta banyak pengusaha kecil yang tumbuh dengan mandiri, tanpa bantuan pengembangan usaha dari Pemkab Karawang," ungkap pemerhati tenaga kerja Ricky Sofyan, baru-baru ini.
Seharusnya, katan dia, Kabupaten Karawang memiliki produk yang khas mulai dari makanan, hingga berbagai macam produk yang dapat dijadikan oleh-oleh Karawang. Pendidikan Karawang harus membuat para wirausahaan muda yang dapat menjadi motivasi dengan dibekali keilmuan usaha, serta pemenuhan kebutuhan kerja dengan meningkatkan kualitas SDM masyarakat. "Home industri di Majalaya perlu mendapat perhatian. Perhatian yang diberikan bisa berupa pemberian dana stimulan kepada para pelaku usaha rumahan yang tersebar hampir merata di desa-desa di Kecamatan Majalaya," katanya. .
Melalui dana stimulan itu nantinya, jelas Ricky, diharapkan pelaku usaha rumahan bisa mengembangkan usahanya dan menyerab lebih banyak tenaga lokal. Sehingga nantinya akan dapat mengurangi angka pengangguran. Pemkab  harus membuat sentra industri yang dapat memasarkan hasil produksi home industri, serta memberikan fasilitas pemasaran ke luar kota. Banyak para pengusaha kecil yang bangkrut karena Pemkab Karawang tidak serius memperhatikan perekonomian masyarakat. "Seharusnya Pemkab jangan tebang pilih dalam memberikan bantuan stimulan dana keuangan usaha," tuturnya.
Dia melanjutkan, peran dinas terkait sangat minim serta banyak pengusaha kecil yang tumbuh dengan mandiri, tanpa bantuan pengembangan usaha dari Pemkab Karawang. Seharusnya Kabupaten Karawang memiliki produk yang khas mulai dari makanan, hingga berbagai macam produk yang dapat dijadikan oleh-oleh Karawang. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template