Hiburan Singa Depok Masih Digemari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hiburan Singa Depok Masih Digemari

Hiburan Singa Depok Masih Digemari

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Mei 2016 | 15.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Singa Depok hingga saat ini masih mampu menyedot animo masyarakat setiap kali ada pertunjukan. Di Desa Kutamukti Kecamatan Kutawaluya misalnya, kesenian khasa Jawa Barat ini selalu penuh dipadati warga di pinggiran jalan.
Menurut Ketua Group Mekar Harum Joni Binter (57) kepada Radar Karawang menyebutkan acara tersebut merupakan rangkaian pengisi acara sunatan Irpan Pahmi anak dari keluarga Rudi, dan Karsih warga Kampung Bakekok Desa Kutamukti. Arak-arakan ini sempat membuat kemacetan pengendara yang berlalu-lalang. "Makanya biar gak macet, kita berdayakan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) setempat, lihat aja sampe penuh kaya gini," katanya.
Upaya pelestarian budaya sunda ini, memang kian hari kian sulit. Bayangkan saja, grup yang ia pimpin ini mampu bertahan sejak tahun 1985. Sayangnya, kesenian yang lazim disebut odong-odong tersebut hanya dikenal sepintas oleh masyarakat sebagai salah satu hiburan saja. Padahal, dari segi seni dan arti banyak makna yang bisa diambil. "Singa melambangkan raja, dan Manuk Garuda adalah lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.
Selain itu, kesenian juga menjadi simbol kesejahteraan bagi mereka yang melestarikannya. Mengingat Singa Depok ini menurutnya mampu menembus semua lapisan masyarakat. "Hanya Singa Depok yang disukai semua orang. Sampai saat ini Singa Depok tidak punya saingan. Lewat hiburan ini orang bersatu menikmati perayaan sembari memberikan doa," terangnya. (cr3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template