Hama Keong Serang Padi di Dua Kecamatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hama Keong Serang Padi di Dua Kecamatan

Hama Keong Serang Padi di Dua Kecamatan

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 11.00.00

DARANGDAN,RAKA - Sejak sepekan terakhir, para petani di Kecamatan Darangdan dan Tegalwaru, disibukkan memberantas keong di area pesawahan. Hampir setiap hari mereka mengumpulkan hewan bercangkang itu agar tidak merusak padi.
Hoerudin (45), salah satu petani di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan misalnya, sejak pagi buta dia sudah sibuk membersihkan keong di area sawah miliknya. "Jika dibiarkan, tanaman padi bakal habis dimakan keong makanya kita ambil," katanya kepada, Radar Karawang, Selasa (3/5).
Menurutnya, dalam satu hari, petani bisa mengumpulkan keong sebanyak satu ember ukuran besar. Setelah itu, biasanya keong-keong tangkapan mereka dibuang ke jalan beraspal. Hal itu dilakukan, agar hama tanaman padi tersebut mati terlindas oleh ban dari truk-truk yang lewat. "Itupun kalau tidak ada yang minta, tetapi biasanya sih suka ada buat pakan hewan ternak," ujarnya.
Keong yang menjangkit sawah Hoerudin, merupakan jenis keong hitam. Keong tersebut merusak tanaman padi yang masih berumur satu minggu. "Sebagian tanaman padi saya sudah rusak dan habis akibat batang padi di gerogoti keong mas," ujar ayah dua anak itu.
Kondisi serupa juga dialami H Muslih (27), petani Desa Warungjeruk, Kecamatan Tegalwaru. Hampir sebagian tanaman padi yang baru berumur satu minggu miliknya rusak digerogoti hewan berlendir itu. Dia mengatakan, para petani terpaksa kerja dua kali untuk menyingkirkan sendiri keong mas yang menyerang tanaman padi milik mereka.
"Ini sudah kali ke tiga saya memupul keong mas di sawah, meski sudah dilakukan penyemprotan tapi hama keong mas tetap saja ada,"ujarnya.
Para petani di dua kecamatan itu, mengaku pasrah terhadap serangan hama keong ini. Mereka berharap, pemerintah terkait segera membantu serta memberikan solusi  untuk para petani guna mengusir hama keong mas yang semakin menyebar. "Mudah-mudahan saja pemerintah terkait dapat membantu keluhan para petani ini," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template