Gerogi Hadapi UN Perdana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gerogi Hadapi UN Perdana

Gerogi Hadapi UN Perdana

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 16.00.00

- Siswi SMPN 1 Karawang Tetap Semangat

KARAWANG, RAKA – Berbagai perasaan mewarnai sejumlah siswa saat awal mengikuti Ujian Nasional (UN) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karawang, Senin (9/5) pagi kemarin. Meski sudah mengikuti beberapa latihan ujian dan bekal yang mereka persiapkan dalam menghadapi ujian. Namun tetap saja ada perasaan grogi yang dihadapi siswa.
Ardela (15) kelas 9G, mengaku tetap merasa gerogi pada saat awal pelaksanaan ujian. Namun semua itu berubah ketika sudah melihat soal-soal ujian pertama dengan pelajaran Bahasa Indonesia. “Ada juga sih ka persaan gerogi sama deg-degan namanya juga baru awal ujian, tapi setelah itu biasa lagi deh,” aku perempuan berwajah manis ini.
Hal serupa juga dialami Beliana (15), kelas 9K ini meski sudah mengikuti beberapa kali latihan yang dilakukan di sekolah dan di rumah. Namun tetap saja masih ada perasaan yang membuatnya merasa sedikit takut. “Sama pertama aja kak, untung aja mata pelajaran pertama itu bahasa Indonesia lebih mudah,” ucapnya.
Teman sebayanya, Citra, kelas 9A juga mengaku bahwa hari pertama ujian memang sangat membuat dirinya terlalu fokus terhadap soal-soal ujian. Sehingga segala perasaan gerogi takut dan kurang percaya timbul terhadap dirinya. “Semua siswa juga pasti sama kak, awal –awal mah ada persaan gimana gituh,” tuturnya sambil tersenyum.
Sementara Nilka, salah satu siswi yang paling cerewet diantara beberapa temannya itu terlihat begitu santai dan percaya diri. Karena bagi dia semua beban dalam hidupnya saat pelaksanaan ujian dilupakan dulu. “Pede aja dong, kan sudah dibekali sama sekolah pelatihan ujian dan rajin belajar serta kurangi waktu bermain,” katanya sambil terlihat asik tertawa bersama temannya.
Kepala SMPN 1 Karawang, Hj Cucu Sumaryani MPd menyampaikan, bahwa semestinya tidak ada yang perlu siswa takuti saat pelaksaan UNi. Sebab, bagi dia, ketika mereka rajin belajar dan diberikan beberapa pelatihan dan yakin terhadap diri sendiri tidak ada yang sulit. “Tidak perlu takut semua itu proses, ujian merupakan suatu hal yang biasa dan bahkan hidup juga termasuk ujian, kenapa harus takut,” jelasnya saat berbincang di ruangan kepala sekolah. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template