Forum Sekdes Dibubarkan Usai Lebaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Forum Sekdes Dibubarkan Usai Lebaran

Forum Sekdes Dibubarkan Usai Lebaran

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 18.35.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sekretaris desa berstatus PNS yang masih bertugas di kantor desa, usai Idul Fitri nanti dipastikan akan bekerja di kantor kecamatan.
Ketua Forum Sekretaris Desa Seluruh Indonesia (Forsekdesi) Kabupaten Karawang H Ropiudin SE mengatakan, ada sebagian sekdes PNS sudah menjadi Staf di kantor kecamatan melalui Surat Perintah (SP) camat. Namun, sebagian lagi masih bekerja di kantor desa. "Kami pastikan semua eks sekdes PNS sudah mengantongi SK pemberhentian dari BKD usai lebaran," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Setelah menerima SK tersebut, kata Ropiudin, para mantan sekdes itu akan ditempatkan di kantor kecamatan. Bukan hanya itu, sekdes PNS dengan forumnya juga akan ikut dibubarkan secara resmi. "Ya nanti yang belum dituntaskan BKD, akan diselesaikan habis lebaran. Artinya semuanya sudah kantongi kekuatan dari BKD," Ujarnya.
Forsekdesi yang selama ini dikendalikan para sekdes PNS, kata Ropiudin akan kosong. Namun, pembubaran itu sekurang-kurangnya bisa melalui forum silaturahmi resmi. "Ya nanti kita kumpulkan lagi. Agenda merumuskan kedepan organisasi ini setelah dibubarkan sekdes PNS sendiri," pungkasnya.
Kepala BPMPD Kabupaten Karawang Akhmad Hidayat mengatakan, sekdes yang saat ini masih dijabat oleh PNS bisa jadi diganti dengan sekdes non PNS. Tinggal nanti, BKD yang melakukan rotasi ataupun mutasi sekdes PNS tersebut. Namun yang jelas kata dia, jika nanti sekdes yang sudah 6 tahun menjabat dimohonkan kembali oleh kepala desa untuk tetap bekerja di desanya, sebaiknya berkoordinasi dengan BPMPD. "Masukan kepada BKD, sekdes itu misalkan dimohon dikerjakan lagi, kalau bisa koordinasi dengan kita. Karena ini bicaranya dengan perangkat desa bukan PNS nya," urainya.
Sementara di tempat terpisah, Kabid Pengembangan Karir dan Kesejahteraan Pegawai BKD Karawang Abas Sudrajat menuturkan, pasca UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan berdasarkan pasal 14 Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2007 tentang tata cara pengangkatan sekdes menjadi PNS, tegas menyebutkan bahwa sekdes yang diangkat oleh PP ini, dapat dimutasikan setelah menjalani masa jabatan sekdes sekurang-kurangnya 6 tahun. "Kontraknya itu hanya 6 tahun, setelah 6 tahun bisa dimutasi atau rotasi," jelasnya.
Diketahui, untuk mengisi jabatan sekdes, pemerintahan desa menyeleksi dan mengangkat sekdes dengan persyaratan minimal pendidikan SLTA, usia minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun, masa kerja hingga usia 60 tahun. Hal itu sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 tahun 2014. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template