Duit UPK Dipakai Nikah Massal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Duit UPK Dipakai Nikah Massal

Duit UPK Dipakai Nikah Massal

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 15.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) UPK Gemalembayung Kecamatan Lemahabang sebesar Rp 41,1 juta direalisasikan untuk kegiatan nikah masal gratis. Kegiatan alokasi Dana Sosial (Dansos) yang disepakati dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) bersama Kades itu juga digunakan untuk mengurus akta nikah gratis bagi mempelai yang selama ini belum terdaftar dalam catatan nikah.
Ketua UPK Gemalembayung Kecamatan Lemahabang, H Nana Nurundana mengungkapkan, sebesar Rp 41 juta dialokasikan untuk kegiatan nikah masal. Tidak itu saja terus Nana, pihaknya juga memberikan bantuan sosial untuk mengurus akta nikah bagi para mempelai yang selama ini belum tercatat pernikahannya di KUA.
Dirinya sadar betul terus Nana, pentingnya akta nikah bagi kepentingan mempelai, baik untuk syarat pendidikan anak-anak, umroh hingga haji. Untuk itu, kegiatan sosial ini terselenggara sukses dan lancar berkat dukungan Ketua Kelompok dan para kades di Forum MAD saat itu. "33 mempelai hadir dalam realisasi dansos UPK ini, baik nikah masal maupun bagi mempelai yang belum punya akta nikah dalam catatan KUA," ungkap dia.
Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) UPK Lemahabang, Ahmad Syatibi menuturkan kegiatan nikah masal ini adalah usulan yang masuk dari hasil MAD Januari awal tahun lalu.Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) dan kelompok simpan pinjam, bersama pengelola UPK, Badan Pengawas, BKAD maupun PJOK menyepakatinya.
Diakuinya, nikah masal dan pembuatan legalitas akta nikah dalam catatan KUA bukan perkara mudah. Para kades harus menyisir warganya agar mau diikutsertakan,  karena, meskipun dibantu gratis dibiayai UPK melalui Dansos, tapi mempelai juga harus lelah melengkapi administrasi dan berkas-berkas nikah, seperti tandatangan wali nikah maupun validasi nama antara di KTP, KK maupun Ijazah. Bahkan, jika mempelai sudah mempunyai anak, harus juga melampirkan keterangan desa bahwa akta nikahnya baru tercatat mulai hari ini.
Ia berharap, apa yang sudah dilakukan UPK melalui dana sosial ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya 33 mempelai dari 11 desa di Lemahabang yang mengikuti program ini. "Semoga manfaatnya bisa dirasakan, kita pilih nikah masal karena sesuai ajuan dalam forum MAD sebelumnya," tandas dia.
Mewakili Camat, Kasie Trantib Kecamatan Lemahanang Asep Vivar menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan sosial di UPK Lemahabang ini. Karena ia dengar, tahun-tahun sebelumnya, Dansos UPK ini juga teralokasi untuk kegiatan sunatan masal maupun santunan. "Bagi mempelai yang dapat akta nikah, mohon dievaluasi lagi khusunya keseragaman nama, jangan sampai apa yang diberikan datanya beda dengan data identitas lainnya," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template