Duar!!! Ada Ledakan di Gedung Asda I - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Duar!!! Ada Ledakan di Gedung Asda I

Duar!!! Ada Ledakan di Gedung Asda I

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Duarr..!!! tiba-tiba terdengar suara ledakan di Gedung Asda I sekitar pukul 12.05 WIB, Senin (9/5) kemarin.
Suara yang tidak biasa itu membuat penghuni gedung panik dan berhamburan keluar menyelamatkan diri.
Seorang saksi mata, Aang Gunawan mengatakan, sumber ledakan berasal dari panel listrik milik PLN, yang sesaat sebelumnya terbakar. "Awalnya keluar api dulu, lalu ledakan terjadi sekitar jam 12.05," ungkap Aang yang juga seorang satpam di Gedung Asda I kepada Radar Karawang.
Beragam isu pun muncul. Diantaranya sabotase. Ditanya hal itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Achmad Sanusi mengatakan, peristiwa tersebut murni akibat trafo PLN kelebihan beban. Karena setelah dilakukan pengecekan, tidak ada kerusakan apa-apa selain sentral trafo atau panel PLN yang terbakar.
Hal serupa juga diungkapkan petugas PLN yang mendatangi lokasi kejadian. Menurutnya ledakan sentral trafo bisa diakibatkan oleh daya yang berlebihan, atau gesekan akibat kurangnya perawatan. "Bisa karena bebannya berat atau kurang perawatan," tuturnya.
Meski begitu, dampak dari ledakan tersebut membuat aktivitas di Gedung Asda I terganggu. Kabid Hukum Kiki Saubaki yang ngantor di gedung itu mengatakan jaringan komputer mati total. "Untuk relokasi pegawai tidak ada, paling untuk jaringan komputer belum bisa dipakai karena listriknya mati," kata Kiki.
Menurutnya, sentral trafo meledak akibat kelebihan beban daya yang saat ini terus bertambah. Mulai dari meningkatnya jumlah AC, komputer dan peralatan yang membutuhkan listrik. "Saya tidak tahu daya listriknya berapa. Tapi kemungkinan faktor kelebihan beban listrik," ujarnya.
Sementara itu, petugas pemadam kebakaran, Gunawan mengatakan, pihaknya baru mendapat kabar Gedung Asda I terbakar sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu tim pemadam langsung meluncur dengan mengerahkan tiga unit mobil damkar. "Begitu dapat telepon kita langsung meluncur. Untuk api tidak melebar kemana-mana dan bisa dipadamkan dengan cepat," ujarnya. (dri) 
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template