Dikasih Pinjaman Malah Buat Piknik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dikasih Pinjaman Malah Buat Piknik

Dikasih Pinjaman Malah Buat Piknik

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Mei 2016 | 16.00.00

-Banyak Warga Dengklok Terjerat Koperasi

RENGASDENGKKLOK, RAKA - Banyak warga Dengklok tersangkut piutang kepada lembaga simpan pinjam. Karena mereka terdesak kebutuhan ekonomi,
Warga Rengasdengklok, Otong (58) mengungkapkan, pinjaman uang di Koperasi Simpan Pinjam kurang selektif. Akibatnya, tidak sedikit yang terbelit hutang setoran tiap bulan. Seperti yang dialami beberapa tetangganya baru-baru ini. Dengan alasan keperluan modal usaha, mereka menghutang ke koperasi. Sayangnya, setelah pinjaman cair malah dipakai untukkeperluan rumah tangga. Bahkan untuk membeli motor, perhiasan, piknik, dan sebagainya. "Orang nganggur,dan gak jelas niat usahanya malah dikasih pinjaman uang. Meski koperasi memiliki maksud baik, tapi sayangnya kurang selektif," katanya kepada Radar karawang, Senin (16/5).
Kasir Koperasi Sehati Makmur Abadi, Titis mengungkapkan syarat yang diberikan kepada peminjam biasanya ketat. Bahkan sampai harus menjaminkan Surat BPKB sebagai jaminan. Proses peminjaman sendiri cukup cepat, dan mudah. Kendati demikian, hal tersebut tentunya mengandung resiko. Buktinya, tidak sedikit setoran mereka macet. Ragam alasan muncul dari debitur karena kondisi keuangan yang acak-acakan. "Sepi ataupun macetnya penjualan jadi alasan peminjam untuk telat setor kepada kami," tuturnya.
Koperasinya sendiri memberikan pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta dengan waktu setoran 6 bulan sampai setahun. Mereka yang ingin pinjam diatas Rp 5 juta juga dilayani. Syaratnya, melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) dan jaminan. Koperasi tersebut, bertujuan membantu renovasi rumah, biaya sekolah, biaya berobat, biaya menikah, modal usaha, dan modal unutk bertani. "Pihak kami mencoba membantu semua lapisan masyarakat, seperti mereka yang berkeinginan usaha dengan berdagang," terangnya. (cr3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template