Diisukan Jadi Daerah Bisnis, Harga Tanah di Tirtamulya Naik 4 Kali Lipat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diisukan Jadi Daerah Bisnis, Harga Tanah di Tirtamulya Naik 4 Kali Lipat

Diisukan Jadi Daerah Bisnis, Harga Tanah di Tirtamulya Naik 4 Kali Lipat

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 14.30.00

TIRTAMULYA, RAKA - Harga tanah di Kecamatan Tirtamulya mendadak naik pesat. Hal itu menyusul adanya kabar bahwa Tirtamulya termasuk kecamatan yang masuk areal pengembangan permukiman dan bisnis. Padahal selama ini Tirtamulya ditetapkan sebagai kecamatan yang masuk zona hijau atau zona pertanian.
"Kalau ke kecamatan gak ada pemberitahuan Tirtamulya masuk areal pengembangan permukiman. Mungkin itu (menaikan harga tanah) karena keinginan para pemilik lahan aja," ujar Camat Tirtamulya, H Darul Amin kepada Radar Karawang, Selasa (3/5).
Menurutnya, kabar bahwa Tirtamulya itu termasuk areal pengembangan permukiman dan bisnis masih harus dipastikan kebenarannya. Karena selama ini sebagai kepala pemerintahan di Kecamatan Tirtamulya, dia tetap gencar menyampaikan bahwa Tirtamulya merupakan zona hijau.  "Jadi masih zona hijau. Tapi untuk lebih pastinya. Silahkan cek ke Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) yah," ucapnya.
Kepala Desa Karangsinom, Eneng Ahyat, membenarkan adanya kenaikan harga tanah secara signifikan. Adapun penyebabnya dia sendiri belum mengetahui pasti. Tetapi kabar yang beredar di masyarakat, akan ada pelebaran akses jalan utama dari Cikampek ke Tirtamulya yang melintasi Karangsinom. Untuk peningkatan harganya tidak tanggung-tanggung, karena bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat dari harga semula. Tetapi kenaikan harga tersebut hanya terjadi pada tanah yang ada di depan jalan Dawuan-Karangsinom saja. "Sekarang harganya permeter Rp 200.000 sampai Rp 250.000, padahal tadinya cuman Rp 60.000," ujarnya.
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Karawang, Elievia Khrissiana, menyampaikan terkait adanya kabar perluasan areal permukiman itu masih belum pasti. Karena hasil pengecekan yang dilakukannya ke Bappeda Karawang, terkait Perda RT/RW untuk Tirtamulya masih masuk zona hijau. "Kami sudah cek ke Bappeda. Belum ada tuh (perubahan zona hijau) untuk Tirtamulya," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template