Dengklok Selatan Paling Banyak Dapat Raskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dengklok Selatan Paling Banyak Dapat Raskin

Dengklok Selatan Paling Banyak Dapat Raskin

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 13.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Rupanya sejumlah desa di Rengasdengklok masih menunggak pembayaran beras miskin (raskin). Akibat piutang ini, pendistribusian, harga serta jumlah raskin yang didistribusikan pun ikut terganggu.
Kepala Seksi Kesejahteraan dan Sosial (Kesos) Kecamatan Rengasdengklok Akhmad Sayuti kepada Radar Karawang menyatakan indikator pendistribusian raskin mengacu pada daftar penerima Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) yang sebelumnya sudah mendapatkan Surat Permohonan Alokasi (SPA). Bulog sebagai penyedia lantas memberikan jatah sesuai dengan permohonan. "Secara teknis dilaksanakan pihak desa. Cuma kalau terus nunggak nanti ngaruh sama distribusi raskin di Dengklok" kata dia Selasa (3/5).
Jatah masing-masing Kepala Keluarga (KK) dalam sebulan yakni 19 kilogram. Total dari 9 desa di rengasdengklok terhitung sejak Januari sampai April sudah ribuan yang mendapatkan jatah beras bantuan ini. Diantaranya ialah Kalangsari 925 KK, Kalangsuria 712 KK, Karyasari 1.244 KK, Amansari 1.183 KK, Dukuh Karya 515 KK, Rengasdengklok Selatan 1.454 KK, Rengasdengklok Utara 844 KK, Kertasari 778 KK, dan Dewi Sari 1.022 KK.
Ia mengaku banyak kendala yang dihadapi dalam pendistribusiannya. Persoalan paling utama dan mengganggu ialah tunggakan desa yang berpengaruh terhadap stabilitas pendistribusian. Selain itu, akibat ketersediaan yang terbatas membuat raskin yang disebarluaskan selama ini tidak merata.
Di lain pihak, Ketua RT03 RW05 Dusun Jati Rengasdengklok Utara, Herlina menyatakan bahwa masing-masing RT tentu saja berbeda jatah raskin yang diterima kendati sudah dikoordinir. "Pembagian raskin disetiap RT beda," ungkapnya.
Jumlah yang diterima, sambung dia, disesuaikan berdasarkan jumlah KK setiap RT. Sebab jika tidak berdasarkan kebutuhan, dikhawatirkan akan timbul kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Khusus wilayanya, ada 50 KK yang menerima 4 liter raskin yang dijual dengan harga Rp 2.050 per liter. (cr3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template