Dana Kunker Sehari, Setara dengan Gaji Buruh Sebulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Dana Kunker Sehari, Setara dengan Gaji Buruh Sebulan

Dana Kunker Sehari, Setara dengan Gaji Buruh Sebulan

Written By Mang Raka on Senin, 02 Mei 2016 | 18.52.00

-Giliran Ketua Dewan, BK, Banleg ke Bali dan Batam

KARAWANG, RAKA - Seakan berlomba menghabiskan anggaran atas nama kunjungn kerja, anggota DPRD Kabupaten Karawang bergiliran pergi ke luar kota. Kali ini Ketua DPRD Toto Suripto, Badan Kehormatan (BK) dan Badan Legislasi (Banleg) akan mengunjungi Bali dan Batam tanggal 3 Mei 2016.
Kabar yang diperoleh Radar Karawang menyebutkan jumlah dewan yang berangkat sebanyak 17 orang, rinciannya 12 anggota BK dan 5 anggota Banleg. Mereka akan berada di Pulau Dewata dan Batam hingga libur panjang usai. ”Kunker itu seharusnya mengedepankan manfaat yang dihasilkan, ke Bali dan Batam apa yang mau dibandingkan dengan Karawang,” ujar sumber yang meminta tidak dikorankan namanya, Minggu (1/5) kemarin.
Ia menyebutkan satu orang dewan bisa menghabiskan Rp 7 juta hingga Rp 8 juta sekali kunjungan kerja. Padahal mereka tidak harus jauh-jauh jika ingin melihat kebijakan yang tepat dan tidak diterapkan di Karawang. "Tinggal dikalikan untuk setiap kunker yang pergi, karena hasil yang didapat belum dijamin manfaatnya,” ujarnya.
Ia melanjutkan, peraturan daerah atau kebijakan tidak bisa dibandingkan satu daerah dengan daerah lain, apalagi jauh dari Karawang. Kultur dan geografisnya juga jauh berbeda. ”Kenapa tidak pilih Bekasi atau Purwakarta, itu masih bisa realistis untuk membandingkan atau mencari yang bisa diterapkan di Karawang,” ujarnya.
Aktivis buruh, Kurbianto menilai apa yang dilakukan anggota dewan menyakiti buruh. Pasalnya, anggaran yang digunakan dewan sekali kunjungan kerja, melebihi gaji buruh dalam sebulan. Ia melanjutkan, jika kunker selama tiga hari rata-rata menghabiskan Rp 8 juta, artinya dalam sehari uang saku plus akomodasi dan lain-lain Rp 2,6 juta. "Buruh tekstil saja harus kerja banting tulang selama satu bulan untuk dapat upah Rp 2,5 juta," ujarnya.
Menurutnya, kunjungan kerja seperti itu bisa disederhanakan selama masih bisa disederhanakan. Misalnya, mempelajari sistem daerah lain dilakukan lewat internet. "Yang penting bukan soal kunjungannya. Setelah pulang, DPRD dapat apa? Biasanya kan juga gak ada perubahan," katanya.
Hingga berita ini diturunkan, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Karawang ataupun Ketua Dewan DPRD Karawang belum memberikan tanggapan. (dri)

Dana Kunker Dewan
Rp 8 juta per tiga hari

Upah buruh
Rp 3,3 juta (sesuai UMR)
Upah buruh tekstil
Rata-rata Rp 2,5 juta

Raperda yang Belum Disahkan
Inisiatif DPRD

Pelayanan kesehatan
Kesejahteraan sosial
Pengolahan sampah
Pembinaan dan penataan pasar tradisional.
Supermarket dan pasar swalayan
Ketahanan pangan
Bantuan hukum masyarakat miskin.

Ajuan Eksekutif 
Pelayanan jalan
Saluran irigasi
Perizinan terpadu
Pemberdayaan perempuan
Penyelenggaraan kabupaten layak anak
Pajak daerah.
Ketentuan umum perpajakan daerah
Kesehatan lingkungan
Rencana pembangunan jangka menengah daerah 2015-2020
Organisasi perangkat daerah
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template