Dana Desa Tahun Lalu Masih Bisa Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Dana Desa Tahun Lalu Masih Bisa Cair

Dana Desa Tahun Lalu Masih Bisa Cair

Written By Mang Raka on Senin, 09 Mei 2016 | 12.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Ada angin segar bagi para kepala desa yang malas membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana desa. Pasalnya, dana desa yang belum terserap meski berbeda tahun anggaran tetap bisa dicairkan.
"Saya juga kurang paham regulasi pusat, benar masih bisa cair (dana desa tahun 2015) hingga Juli mendatang katanya," ujar Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang Alex Sukardi kepada Radar Karawang, Minggu (8/5) kemarin.
Alex berharap dana desa tahap 3 tahun 2015 yang belum cair atau diperpanjang lagi hingga Juli 2016, tidak mengganggu pencairan dana desa tahap 1 tahun 2016.
Karena menurut informasi yang diperolehnya, masih ada 71 desa yang belum mencairkan dana desa tahap 3. Bahkan masih ada dua desa yaitu Desa Tegalsawah Kecamatan Karawang Timur, dan Desa Jomin Kecamatan Kotabaru yang belum memperoleh dana desa tahap 2 tahun lalu. "71 desa yang belum cairkan tahap 3, yang tahap 2 masih ada 2 desa lagi," ungkapnya.
Senada dikatakan pengurus Apdesi lainnya, H Udin Abdul Gani, dirinya mendengar kabar langsung dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) yang menyatakan bahwa dana desa tahap 3 masih bisa dicairkan, meski sebelumnya dibatasi hingga akhir April. "Katanya masih bisa cair yang tahap 3 hingga Juli," ungkapnya.
Sementara dana desa tahap 1 tahun 2016, kata Udin akan segera dicairkan setelah Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD II sudah selesai semua.
Anggota Komisi A DPRD Karawang, Saefudin Zukhri justru mempertanyakan istilah luncuran dana desa yang lewat begitu lama dalam tahun anggaran yang semestinya. Ia menyarankan agar Badan Anggaran (Banggar) dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dimintai pertanggungjawaban kaitan hal ini, sebelum Komisi B bertindak melalui hearing. "Saya juga bingung dengan istilah luncuran dana desa, tanya Banggar dulu dengan BPK sebagai kontrol pertanggungjawaban," ungkapnya.
Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Usaha dan Ekonomi Masyarakat (PUEM) BPMPD Karawang H Anang dan Sekretaris BPMPD Karawang Wawan Hernawan hingga berita ini diturunkan sulit dihubungi.(rud)

Kebijakan plin-plan soal batas ajuan dana desa

  1. Bulan Desember 2015 diperpanjang hingga Februari 2016
  2. Batas akhir ajuan dana desa tahun 2015 kembali diperpanjang dari bulan April 2016 hingga Juli 2016.

 
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template