Dadan Sugardan Geser Nurlatifah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dadan Sugardan Geser Nurlatifah

Dadan Sugardan Geser Nurlatifah

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 16.00.00

-Jadi Ketua Kwarcab Pramuka, Janji Naikan Anggaran

TELAGASARI, RAKA- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Karawang, H Dadan Sugardan resmi menyandang jabatan baru sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Karawang 5 tahun kedepan. Dadan terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Pramuka yang digelar Senin (23/5) di Rumah Makan Lebaksari Indah (LSI), jabatan baru yang dipercayakan 30 Kwaran se Karawang itu otomatis menggantikan posisi Nurlatifah yang sebelumnya menjabat.
Kepada RAKA, Dadan mengatakan terpilihnya ia sebagai Ketua Kwarcab merupakan tugas baru untuk mengelola organisasi kepanduan di Karawang yang sebenarnya masih senafas dengan dunia Pendidikan. Sambil menyelam minum air,  dirinya jamin, meskipun menjadi ketua kwarcab, tidak akan mengganggu aktivitasnya di instansi pendidikan yang dipimpinnya. Sebab Pramuka rata-rata juga diisi para guru dan kepala sekolah hingga UPTD pendidikan di tiap kecamatan, sehingga beragam program dan kegiatan diupayakannya tetap intensif berjalan. "Kalau Jadi PNS itu kan kerjaan, tapi di Pramuka ini pengabdian, maka saya harus pandai membagi waktu, insya Allah," tutur dia.
Diakui Dadan, anggaran Pramuka di Karawang selama ini terendah di Jawa Barat, kalah dengan Kabupaten Sukabumi yang memiliki APBD minim namun mampu mengalokasikan anggaran untuk Pramuka hingga Rp 1,4 miliar.
Untuk itu, dari Rp 400 juta pertahun yang selama ini diterima Kwarcab Pramuka di Karawang, ia mengupayakan bersama Bupati Karawang di tahun mendatang bisa menembus Rp 1 Miliar. Itu juga terus Dadan akan terus diupayakan bertambah dari tahun ketahun, sehingga melalui politik anggaran ini bisa mengakomodir kegiatan-kegiatan kepramukaan yang menyentuh hingga tingkat kwartir ranting.
Tidak itu saja, upaya untuk memindahkan kantor Kwarcab yang lebih representatif ini juga siap diwacanakannya, karena pramuka merupakan wadah musyawarah paling optimal dengan rasa toleransi, kemandirian maupun kedisiplinan yang tinggi. Pria asal Desa Pulomulya Kecamatan Lemahabang ini mengaku sangat memahami dunia kepramukaan yang mencetak ruh kemandirian dan kedisiplinan pribadi seseorang. Sebab sejauh ini, sebelum ia menjabat kadisdikpora pun sudah sering aktif di Pramuka. "Insya Allah, tahun depan ibu bupati juga sudah sepakat ditambah anggarannya Rp 1 miliar. Disamping kita wacanakan juga untuk pemindahan kantornya," kata dia.
Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, Kwarcab Pramuka memang sempat terseok-seok karena ditinggal Ketua lamanya. Ia juga faham betul minimnya anggaran Pramuka selama ini. Maka ia pasrahkan Kwarcab Pramuka ini agar semakin kreatif guna mendorong kemajuan di masa-masa mendatang. "Kita dorong kemajuan Pramuka kedepannya, meskipun sempat terseok-seok dibawah kepemimpinan sebelumnya," kata dia. (rud)


Ini Janji Dadan Sugardan. :
-Memindahkanan gerdung Pramuka
-Anggaran bertambah setiap tahun dari Rp 400 juta menjadi Rp 1 miliar
-Pengurus harian diserahkan kepada formatur
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template