Cara Siswa SMPN 1 Purwakarta Peringati Hardiknas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cara Siswa SMPN 1 Purwakarta Peringati Hardiknas

Cara Siswa SMPN 1 Purwakarta Peringati Hardiknas

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 15.30.00

Belajar Membuat Keramik Plered

PLERED,RAKA - Berbagi cara dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), jika sebagian siswa sekolah melakukan bersih-bersih lingkungan, lain hal nya dengan ratusan pelajaran SMPN 1  Purwakarta. Mereka lebih memilih datang ke kantor UPTD Litbang Keramik Plered untuk belajar tata cara pembuatan keramik Plered.
"Kami sengaja datang ke sini beserta ratusan siswa kelas VII, guna mempelajari tata cara pembuatan kerajinan tangan dari tanah liat ini," ujar Agus Sugianto, salah satu guru SBK SMPN 1 Purwakarta.
Menurut Agus, keberadaan sentral industri yang berada di Kecamatan Plered ini wajib untuk di kunjungi. Karena kerajinan keramik dikenalkan kepada para pelajar khususnya di Kabupaten Purwakarta. Sehingga para siswa benar-benar memahami betul tata cara membuat kerajinan tangan dari tanah liat yang menjadi ikon Purwakarta. "Mengunjungi kantor UPTD Litbang Keramik Plered ini suatu bentuk memperingati Hardiknas dan memang para siswa sangat antusias mengikuti tahapan-tahapan membuat pot bunga, asbak, guci serta kendi yang di intruksikan oleh para pengrajin tersebut," kata Agus.
Sementara itu, salah satu siswa SMPN 1 Purwakarta Yulia (13), mengaku sebelum berkunjung ke tempat perajin keramik, dirinya terlebih daharu sudah mendapatakan ilmu dasar pembuatan keramik. "Saya jadi tau ternyata memang cukup sulit buat keramik, sekarang saya lagi membuat guci di bantu oleh perajin di sini. Memang sulit tapi alhamduliah saya dapat menyelesaikannya meski belum sempurna," papar siswa kelas VII B itu.
Di tempat yang sama, Kepala UPTD Litbang Keramik Bangbang Megawahyu menuturkan, dengan datangnya ratusan siswa dari sekolah asal Purwakarta, semakin mempertegas penerapan pendidikan budaya lokal. Pasalnya, Kantor UPTD Litbang Keramik Plered sendiri merupakan tempat untuk melakukan penelitian dan pengembangan dibidang kerajinan keramik dalam rangka menumbuh kembangkan sentra keramik Plered Purwakarta yang lebih kompetitif, berdaya guna dan Untuk memfasilitasi para perajin keramik dalam rangka meningkatkan mutu, desain, teknologi dan pemasaran agar keramik Plered mempunyai daya saing cukup tinggi. "Saya bangga di Hardiknas tahun 2016 ini yang pertama datang dari Purwakarta bukan dari sekolah luar. Berarti program pemerintah tentang budaya sudah berhasil. Saya harap mereka mau ikut mempromosikan kerajianan keramik asli Purwakarta," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template