Candi Jiwa Pusat Perayaan Waisak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Candi Jiwa Pusat Perayaan Waisak

Candi Jiwa Pusat Perayaan Waisak

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 18.34.00

KARAWANG, RAKA - Candi Jiwa di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, kembali jadi pusat perayaan Waisak di Jawa Barat. Puja Bakti Waisak 2016/2560 BE yang digelar pukul 13.00-15.00 WIB, Minggu (29/5) itu mengingatkan umat Buddha agar introspeksi diri.
Bhiku Uttamo Mahathera menyampaikan, manusia pembenci di dunia ini akan berkurang jika setiap individu saling introspeksi diri. “Toleransi harus dijunjung tinggi, dengan cara sejauh mana kita tahan pada kekurangan orang lain,” tuturnya.
Dijelaskan Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Eko Supeno, Hari Raya Waisak  di kalangan umat Buddha sering disebut dengan hari raya Trisuci Waisak. Disebut demikian karena pada hari Waisak terjadi tiga peristiwa penting. Yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama. "Kami mengimbau kepada umat Buddha untuk selalu menjaga diri, menjaga kerukunan internal dan antarumat beragama, dan selalu berpikir positif," katanya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang Okih Hermawan yang mewakili Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, Hari Raya Waisak harus menjadi momen untuk mengaplikasikan petuah bikhu di kehidupan sehari-hari. Dan itu semua tergantung pribadi setiap orang. “Semua agama mungkin mengajarkan yang sama. Juga mengacu kepada negara yang telah melindungi aturan kerukunan umat beragama. Kita perlu bersama menjaga kerukunan ini,” jelasnya.
Ia melanjutkan, Waisak yang dirayakan di Candi Jiwa, harus jadi momen membangkitkan wisata religi di Kabupaten Karawang. "Kita pemerintah sudah memiliki regulasi pariwisata di Karawang. Akan kita dorong Candi Jiwa ini bagian dari pusat wisata baik domestik ataupun luar," katanya.
Senada dengan Okih, Camat Batujaya Rohmana juga mendukung Candi Jiwa dan candi lainnya yang terdapat di Batujaya, untuk diseriuskan menjadi potensi wisata oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. "Saya setuju potensi wisata yang ada di Batujaya, difokuskan untuk secepatnya bisa dimaksimalkan," ungkapnya.
Acara Puja Bakti Waisak ini dihadiri juga oleh Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI, serta umat Buddha dari berbagai daerah. Termasuk dari Bekasi dan Cikarang. (dri)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Hatur nuhun pisan tos diwartosan ,mugi Radar Karawang jaya salamina.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template