Buku Aspirasi Desa Bikin Pembangunan Jadi Terbuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buku Aspirasi Desa Bikin Pembangunan Jadi Terbuka

Buku Aspirasi Desa Bikin Pembangunan Jadi Terbuka

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 15.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA- Mencegah pembangunan yang tumpang tindih, Inspektorat Karawang meminta desa membuat buku aspirasi untuk memasukan keluhan dan saran dari masyarakat. Sebab tak jarang, hasil kegiatan yang sudah ditentukan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sering berbeda dengan kegiatan dalam RKPDes.
Dikatakan Tim Irban II Inspektorat Karawang, H Lili Muslihin ia sangat menganjurkan desa memiliki buku aspirasi sebagai sarana masyarakat memberikan masukan, keluhan hingga saran. Dengan demikian akan tercipta transparansi perihal perencanaan pembangunan desa hingga pelaksanaan dan evaluasi.
Bahkan, buku aspirasi ini bisa menjadi kunci agar tidak ada pembangunan fisik yang tumpang tindih antara biaya yang dikeluarkan APBD 1 dengan APBD provinsi dan pusat. Ia mencontohkan, hasil Musrenbang 2016 menghasilkan kesimpulan bahwa bakal ada 12 kegiatan pembangunan yang teralokasi dari ADD dan BanGub. Maka di dalam RKPDS jangan sampai ada yang tidak tertulis. Karena jika dalam RKPDes ada 6 kegiatan sementara hasil Musrenbang ada 12 kegiatan, maka dipastikannya ada hal-hal yang tidak dimusyawarahkan. "Mesti ada buku aspirasi agar semua pembangunan di desa ini berjalan transparan dan sesuai perencanaan," kata dia di sela-sela pemeriksaan reguler di Desa Cikalong Rabu (3/5) ini.
Mantan Kepala UPTD PAUD/SD Banyusari ini juga menambahkan, tahun ini, APBdes 2016 sudah disahkan. Selain selalu rewel soal Perdes, Inspektorat juga sering mengingatkan dana dari pihak ke 3 yang sering datang mendadak. Maka, sambung dia, desa harus masukan ke dalam APBDes Perubahan sehingga rancangan, pelaksanaan dan perubahan sesuai atau tidak dengan RKPDes.
Melihat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2015 Desa Cikalong ini ia sangat mengapresiasi atas kesempurnaan pemeriksaan hingga 100 persen. Namun ia mwwanti-wanti, agar capaian ini tidak turun dari hasil pemeriksaan saat ini, desa-desa harus ikut aturan dan sistem administrasi yang rapi. "Cikalong ini 100 persen, awas pertahankan, jangan melempem lagi di hasil-hasil pemeriksaan tahun ini," tandas dia.
Kades Cikalong Lili Hermanto desanya hasil temuan di tahun sebelumnya. Dirinya bersyukur atas kerjasama dan kedisiplinan para perangkatnya, sehingga LHP Inspektorat di tahun 2015 kemarin sempurna 100 persen. "Alhamdulillah kita mah 100 persen, semoga saja bisa terus kita pertahankan," ungkap dia. (rud
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template