Bukan Hal Mudah Sadarkan Warga tentang Kebersihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bukan Hal Mudah Sadarkan Warga tentang Kebersihan

Bukan Hal Mudah Sadarkan Warga tentang Kebersihan

Written By Mang Raka on Jumat, 27 Mei 2016 | 14.00.00

KUTAWALYUA, RAKA - Irigasi sepanjang Desa Kutagandok, Kutajaya, dan Kutamukti Kecamatan Kutawaluya tercemar tumpukan sampah. Warga Dusun Krajan I RT 04 RW 1 Desa Kutajaya Kecamatan Kutawaluya, Camo (60) mengatakan tidak sedikit warga menggunakan air irigasi untuk keperluan Mandi Cuci Kakus (MCK). Keadaan ini diakibatkan sampah yang kerap hanyut maupun tersangkut hingga terdampar di pinggir irigasi. "Karena kebutuhan penggunaan air, jadi mau gimana lagi, sudah terbiasa juga," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (26/5).
Kendati demikian, keberadaan sampah di irigasi harus dibersihkan secara intensif. Jika tidak akan berdampak pada kesehatan warga. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kutawaluya, Cucu Siti Minfalah mengatakan bahwa, hingga kini Perilaku Hidup Bersih, dan Sehat (PHBS) belum mengalami peningkatan. "Perlu kerjasama dari semuanya, terutama masayarakat. Bahwa menjaga kesehatan bisa diawali dengan perilaku hidup bersih, dan sehat," tuturnya.
Berhubungan dengan kebersihan lingkungan, menurutnya, membutuhkan waktu serta kesabaran mewujudkan PHBS di tengah masyarakat. Hingga kini tidak sedikit warga terganggu kesehatan akibat lingkungan yang jorok. Lanjutnya, bila kondisi tersebut terus terjadi, warga sering terpapar penyakit kulit, diare. Bahkan pasien di puskesmas pun akan mengalami peningkatan. "Tindakan pencegahan membutuhkan waktu, dan kesabaran," tandasnya. (cr3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template