Budi Daya Ikan Jambal Menarik Minat Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Budi Daya Ikan Jambal Menarik Minat Warga

Budi Daya Ikan Jambal Menarik Minat Warga

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 13.00.00

PANGKALAN, RAKA - Warga Kampung Cibiuk, Desa Tamansari, kini melirik usaha budidaya ikan jambal. Menurut mereka, selain mudah memeliharanya juga mampu meningkatkan Perekonomian masyarakat bantaran sungai Cibeet.

Lama panen ikan jambal mencapai enam bulan dengan beban berat sekitar 1 Kilogram (Kg), ternyata mulai melirik usaha tersebut. Apalagi mereka justru bisa menggantungkan hidupnya dari berusaha budidaya ikan itu. Sekarang jumlah peminat untuk budidaya ikan Jambal mulai lumayan di wilayah Kampung Cibiuk. Sekitar 10 petani ikan mencoba peruntungannya mengelola ikan jambal yang memang belum ada satu pun memanen ikan tersebut. Akan tetapi itikad mereka dan harapannya bisa memanen dengan hasil yang baik sudah terlihat dari ikan-ikan yang sehat dan berjumlah banyak.
Dikatakan Ateng (46), warga pemilik empang ikan Jambal menerangkan, sampai saat ini memang modal yang sudah dikeluarkan cukup lumayan hingga rata-rata sekitar sepuluh jutaan dengan harapan bisa kembali mendapatkan keuntungan yang berlipat. "Saya optimis keuntungan saya bisa lebih baik dan bahkan keuntungan saya bisa lebih dari apa yang sudah saya keluarkan untuk dijadikan modal. Sementara sampai saat ini sudah terlihat ikan-ikan saya sehat dan baik," tukasnya.
Sementara Jasmadi (50) mengatakan, ikan Jambal selain mudah juga memiliki ketahanan ikan yang cukup baik dan kuat terhadap cuaca. Saat ini teknis pemberlakuannya memanfaatkan sunber air Sungai Cibeet. Untungnya sekarang air tengah baik, jadi tidak perlu menggunakan pompa penghisap air untuk bisa meregulasi ikan dengan baik. "Untungnya pasang air debit sungai Cibeet tengah baik dan ketersediaan air pun aman, cuma kendala yang utamanya nanti ketika musim kemarau datang kami harus menyiapkan opsi penanggulangannya," Ucapnya.
Sekertaris Desa Tamansari, Dedi menerangkan jumlah pembudidaya ikan di kampung Cibiuk cukup lumayan dan saat ini bisa dijadikan pionir pelaku usaha budi daya ikan Jambal di sekitar itu dan di harapkan bisa memberikan keterampilan bagi warga yang minat membudi daya ikan jambal. "Mudah-mudahan bukan hanya untuk 10 orang saja yang minat. Saya harapkan warga yang minat dan mempunyai kesempatan serta modal mungkin bisa mengikuti program mandiri yang memang mereka mandiri. Diharapkan bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi warga yang mulai mengubah paradigma, baik bagi warga agar tidak selalu mengandalan saja program dari pemerintah melainkan bisa berdiri sendiri," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template