Bronjong Sungai Cibeet Ambrol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bronjong Sungai Cibeet Ambrol

Bronjong Sungai Cibeet Ambrol

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 15.00.00

*PT Juishin Memperbaiki Setelah Musim Hujan

PANGKALAN,RAKA - Bronjong batu yang dibangun perusahaan pemilik semen garuda, PT. Juishin, di bantaran Sungai Cibeet, ambrol. Sebagian batu menutupi bahu sungai hingga menyebabkan badan sungai mengalami penyempitan. Akibatnya aliran airpun terhambat di titik tersebut, sehingga memunculkan perkiraan banjir di lahan persawahan Babakan Cigeuntis, Desa Mulangsari akibat ambrol tersebut.

Menurut Yunengsih (40) pemilik warung nasi di bantaran sungai Cibeet yang dekat dengan lokasi, Senin (9/5), sebelumnya bangunan aman-aman saja, namun memasuki musim hujan  bronjong tersebut seperti turun. Apalagi saat hujan dengan intensitas tinggi beberapa minggu terakhir bronjong itu seperti bergerak. "Sepengetahuan saya sebelumnya memang tidak apa-apa. Namun ketika musim hujan bangunan seperti turun hingga akhirnya ambrol dan membendung aliran sungai hingga meluap ke atas," tutur Yunengsih.
Sementara Nur Hikmat (37) warga Kampung Babakan Cigeuntis, Desa Mulangsari membenarkan  air sungai Cibeet meluap hingga merendam dan mengangkat badan jalan hingga patah serta memutus akses warga Kampung Jawa dan Kampung Babakan Cigentis. Tetapi itu menurut Hikmat masih merupakan dugaannya saja, menginterpretasikan kedahsyatan debit air sungai Cibeet. "Baru perkiraan saya kemungkinan adanya penyempitan akibatnya jalan kampung malah merusak juga hektaran sawah karena terendam banjir dari luapan sungai. Saya harap mungkin pihak pabrik bisa memperbaikinya agar tidak menjadi permasalahan yang justru disangka kan oleh masyarakat," tandasnya.
Ketika RAKA mengkonfirmasi terkait perihal ambrolnya bronjong batu yang dibangun PT. Juishin, menurut keamanan pintu pabrik, hubungan masyarakat (Humas) perusahaan tersebut sedang ada rapat di Jakarta, terkait perubahan pejabat pabrik.
Di tempat terpisah, aparatur Desa Tamansari, Soled (44) menyampaikan, teguran terkait perihal ambrolnya bronjong sudah dilayangkan satu minggu sebelumnya dan pihak Juishin akan memperbaiki setelah intensitas hujan reda. "Pihak pabrik akan memperbaikinya, namun tunggu waktunya karena musim hujan belum reda," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template