Berpakaian Ala Jepang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berpakaian Ala Jepang

Berpakaian Ala Jepang

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Mei 2016 | 16.30.00

- Pentas Seni dan Bazar SMAN 1 Jatisari Meriah

KARAWANG, RAKA – Dalam memperkenalkan budaya serta pengetahuan, baik dalam negeri maupun negeri Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jatisari menyelenggarakan kegiatan pentas seni dan bazar (Pesiar) yang berlangsung selama 3 hari di halaman sekolah.
Ketua pembimbing kesenian, Yana Nuryana S.Sn menyampaikan, bahwa pentas seni yang diikuti seluruh siswa tersebut merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan dalam setiap tahunnya. Sebelum kegiatan, siswa dituntut untuk mencari dan memahami kebudayaan bangsa luar lalu dipresentasikan dalam sebuah stand. “Nama kegiatannya Pesiar, pentas seni dan bajar, mereka akan memperkenalkan bazar yang telah ditentukan atas hasil undian,” terangnya.
Dari beberapa bazar dan budaya yang ditampilkan itu, berupa makanan, penampilan dan budaya bahkan bahasa dan sikap yang mesti mereka pelajari dari sebuah negara. Karena dari semua karakteristik yang ditampilkan nantinya akan dipersentasikan dan diperlombakan. “Ada sepuluh bazar yang ditampilkan dari siswa di dalam negeri dan luar negeri seperti Jepang, India, China, Aceh, Bali, Padang, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta sama D.I Yogyakarta, diperlombakan juga bazar mana yang paling laku dikunjungi atas penilaian siswa dan juri,” tuturnya.
Dia menjelaskan, bahwa maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk membina dan mengembangkan bakat serta kreatifitas dan minat siswa-siswi dalam kesenian. Selain itu, tujuan dari kegiatan juga diharapkan agar siswa dapat berkarya dan lebih berkreatif dalam kesenian. “Selain bisa menjalin silaturahmi, siswa juga dapat menghargai karya hasil dari orang lain dan mampu berkomunikasi dalam menyampaikan pengetahun yang telah didalaminya selama menampilkan bazar, sebagai ajang bagi siswa juga untuk menampilkan kreatifitasnya masing-masing,” jelasnya.
Peserta Pesiar merupakan perwakilan dari setiap kelas, mereka bersaing menampilkan yang terbaik. Karena ada beberapa doorprize yang diberikan sekolah kepada siswa yang menjadi juara. “Jadi kelas satunya itu lebih fokus kepada pentas seni dan kelas duanya itu menampilkan stand bazar. Ada juara favorit bazar dan kesenian,” ucapnya.
Kepala SMAN 1 Jatisari , Dra Hj Euis Arwati menyampaikan, bahwa dengan adanya kegiatan pentas seni dan bazar tersebut merupakan bentuk pemicu siswa untuk belajar dan mengenal segala pengetahun budaya dari luar negeri maupun dalam negeri. Karena yang ditampilkan bukan hanya permainan, namun juga diisi dengan pembelajaran. Menurutnya, antusiasme siswa cukup tinggi mengikuti kegiatan ini. “Selama kegiatan itu baik untuk siswa, saya akan selalu dukung dan support, saya harap dengan kegiatan ini mereka bisa mengetahui dan memahami kebudayaan dari luar dan mampu menghargai karya orang lain,” harapnya.
Sementara juara umum stand terfavorit tahun ini dimenangkan oleh kelas X1 IPA 1 dengan mampu memperoleh suara paling tinggi sebanyak 117 suara. Ahmad Sidiq, ketua kelas, mengaku sangat bangga dengan apa yang telah dicapainya itu. Karena sebelumnya, bagi Ahmad yang menampilkan stand dari Jepang ini tidak menyangka bahwa juara umum bisa diraihnya. “Seneng dan bangga juga kak, soalnya kita juga mampu bersaing dengan kelas lainnya, kita menampilkan makanan yaitu sushi, baso onigiri sama mie ramen dan berpakainan kimono khas Jepang, terima kasih buat semua teman-teman yang sudah bekerja keras dan mendukung,” ucapnya, penuh syukur.
Sementara untuk pentas seni dimenangkan oleh kelas X5. Lia Nurfatah, perwakilan kelas X5 mengatakan, apa yang dicapainya itu merupakan kerja keras dan latihan yang bersungguh-sungguh serta doa dan dukungan dari teman-teman kelasnya. “Alhamdulilah kak, semua pentas seni diborong sama kelas kita,” ucapnya penuh bahagia. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template