Belum Selesai Kereta Listrik, Muncul MRT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belum Selesai Kereta Listrik, Muncul MRT

Belum Selesai Kereta Listrik, Muncul MRT

Written By Mang Raka on Rabu, 11 Mei 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Belum selesai rencana kereta listrik hingga kereta api super cepat direalisasikan di Kabupaten Karawang, proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang sempat mangkrak di Jakarta dikabarkan akan masuk ke Kota Pangkal Perjuangan.
Adalah Ketua DPC PDIP Karawang, Karda Wiranata yang mengungkapkan informasi tersebut. Menurutnya, area Galuh Mas akan dijadikan stasiun berputarnya MRT. Melihat itu, mantan ketua DPRD ini meminta Pemerintah Kabupaten Karawang harus siap menghadapi gempuran investor Jakarta. "Informasinya MRT akan masuk Karawang, dan Galuh Mas akan dijadikan terminal berputarnya MRT," kata Karda kepada Radar Karawang.
Kemacetan yang kerap terjadi di beberapa titik perkotaan Karawang, menurutnya harus segera dicari solusinya. Jika tidak, jalur kereta cepat dan MRT termasuk bandara akan membuat kemacetan semakin parah. Jalan bawah rel kereta api Gonggo misalnya. Meski sudah ada pembuatan sodetan jalan, tetap saja macet. Karena pengendara dibiarkan sesukanya. Begitu pula kemacetan di Karawang Barat setiap buruh pabrik pulang kerja. Kondisi ini menurut Karda bisa selesai jika bupati dan wakilnya tegas membuat aturan. "Pemerintah harus berani buat jalan khusus untuk wilayah pabrik, gunakan dana yang ada," katanya.
Ia melanjutkan, jika dana yang digunakan diambil dari pos lain karena sifatnya darurat, pemerintah bisa meminta perusahaan menggantinya. "Saya pikir perusahaan akan mau tuh mengikutinya, asal pemimpin harus memiliki terobosan dan kemampuan yang kuat," jelasnya.
Contoh lainnya, kata Karda, keberadaan kawasan perumahan elit juga bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Karawang. Summarecon yang saat ini akan hadir di wilayah Karawang Timur misalnya, mereka bisa diminta membuat fasilitas seperti flyover yang menunjang kelancaran menuju kawasannya. Ini secara tidak langsung bisa mengurangi kemacetan di Karawang Barat. "Kemacetan Karawang Barat juga salah satu faktor karena keluar Tol Karawang Timur susah putar balik arahnya. Suruh saja mereka membuat flyover yang melintasi lampu merah Disnakertrans menuju depan kawasan Summarecon," ungkapnya.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Eka Sanantha belum bisa dihubungi. (dri)
Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. Sy lebih setuju klo comuterline jabodetabek bisa sampe ke karawang ketimbang mrt.bgi saya mrt itu perlu biaya dan waktu yg g sdikit..itu kbr dr mana sih pak karda??
    Setidaknya pemkab karawang bisa memberikan fasilitas transportasi yg lebih baik..dgn mengajukan bus transjabodetabek bs sampe terminal karawang(tjpura) dgn rute dr terminal pulo gadung atau pun pulo gebang jakarta timur menggantikan bus 3/4 yg saat ini masih beroperasi di sekitaran tj pura..

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan walim lebih baik comuterline dari pada mrt.sudah ada contoh di jakarta sampai sekarang aja belum selesai

    BalasHapus
  3. Yaa harus siap karawang tandang makalangan akanmmenjadi kota megapolitan ke 2

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template