Banyak Sampah Bertumpuk di Selokan Rumah Sakit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Sampah Bertumpuk di Selokan Rumah Sakit

Banyak Sampah Bertumpuk di Selokan Rumah Sakit

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Mei 2016 | 15.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Sampah tak melulu identik dengan pasar Dengklok yang kumuh dan jorok. Nyatanya, permasalahan ini juga mendera rumah sakit swasata. Pelayanan kesehatan yang harusnya steril dan bersih justru dipenuhi tumpukan sampah.
Tengok saja saluran air di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Proklamsi Rengasdengklok. Kondisinya cukup memprihatinkan. Pedagang Kaki Lima dekat lokasi Jamil (53) mengemukakan sampah tersebut memang rutin diangkut tiap bulan oleh RS Proklamasi. "Tiap bulan, biasanya tanggal muda seperti ini ada pembersihan saluran air dari pihak rumah sakit," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (12/5).
Cakrim (60) pengayuh becak juga mencibir pemandangan jorok ini menganggu pengunjung RSU yang hilir mudik tiap hari. Sampah-sampah ini, diakui dia, dihasilkan dari pengunjung rumah sakit sendiri. "Pengunjung Rumah Sakit tiap hari gak ada liburnya, buang sampahnya sembarangan," tuturnya.
Padahal, himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan sudah tertera pada spanduk yang dipasang di pintu masuk RSU. Tetap saja tak berpengaruh signifikan. Ditambah lagi ukuran tong sampah yang demikian kecil. Pedangan lainnya, Gatot (50) merasa perlu ada penambahan tong sampah dengan ukuran lebih besar. "Tong sampahnya sudah kecil, jarang dipungut pula," katanya.
Tak jarang, sebagai bentuk tanggungjawab, sampah hasil dagangannya yang dibeli konsumen, ia rapikan sendiri. Jika tidak cepat dibuang, sampah yang berserakan ikut terbawa angin, dan menumpuk di saluran.
Sarwad (57) yang juga berdagang di lokasi ini juga menyatakan akibat sampah yang menumpuk di saluran, banyak nyamuk, lalat, dan binatang bersarang disaluran air. Sampah basah ini juga kemudian menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu kenyamanan. "Perlu kesadaran jika berkaitan dengan sampah. Harusnya ada yang memungut. Ini mah malah banyak yang membuang sampahnya sembarangan," tandasnya. (cr3)  
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template