Banyak Kepsek Ngebet Jadi Kepala UPTD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Kepsek Ngebet Jadi Kepala UPTD

Banyak Kepsek Ngebet Jadi Kepala UPTD

Written By Mang Raka on Sabtu, 28 Mei 2016 | 13.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Seluruh kepala sekolah berhak menjadi kepala UPTD PAUD/SD, namun apa jadinya jika posisi itu diraih dengan cara-cara yang kurang baik. Melalui kedekatan dengan kepala daerah misalnya.
Menurut informasi yang berhasil diperoleh Radar Karawang, kini santer terdengar sejumlah kepala sekolah yang dekat dengan pejabat teras, mengincar jabatan UPTD PAUD/SD. Mereka tidak mau menempuh etika jabatan. Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Dadan Sugardan. Dirinya tidak bisa menafikan ada sejumlah kepsek yang memiliki kedekatan secara politik, gencar melakukan upaya dengan mengincar posisi jabatan. Tidak tanggung-tanggung, tanpa melalui proses dan etika, mereka berkeinginan langsung menjadi kepala UPTD PAUD/SD. Padahal posisi itu harus ditempuh dulu oleh para kepsek, dengan mendaftar dulu jabatan fungsional seperti pengawas atau penilik. Meski bisa saja memungkinkan seorang kepsek menjadi kepala UPTD lewat intervensi politik. "Masih mending kalau kepseknya banyak prestasi. Ini mah sekelas RT misalnya berangan-angan langsung menjadi kepala UPTD. Gak elok lah, ini kan persoalan etika," ungkapnya, Jumat (27/5) kemarin.
Lebih jauh pria asal Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang, ini menambahkan. Sebelum menjadi kepala UPTD, idealnya menjabat pengawas maupun penilik, meski hanya beberapa bulan.  Ia yakin, Bupati Cellica akan memahami persoalan ini. Karena etika karir lebih penting. Soalnya tidak sedikit pula kepala SD, SMP dan SMA yang lebih berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional. Bahkan selalu menjadi pemateri di berbagai seminar, namun memilih diam tanpa mengincar jabatan apapun. "Stok kepsek berprestasi di kita itu gak kekurangan. Ada yang di tingkat provinsi maupun nasional," pungkasnya.
Hal serupa dikatakan Pengurus Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Karawang, Iskandar S.Pd. Menurutnya tidak elok jika kepsek langsung jadi kepala UPTD, tanpa mempertimbangkan kecukupan golongan. Atau tahapan menjadi pegawai fungsional seperti pengawas dan penilik.
Meski sempat ada kepsek jadi kepala UPTD pada era Dadang S Muchtar yaitu Ade Mahmud. Namun jangan disamakan dengan kondisi saat ini. "Gak elok saja sih, bisa mah bisa mungkin dengan kedekatan politis mah. Tapi saya kira harus banyak pertimbangan seorang kepsek jadi UPTD langsung," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template