Bantaran Jembatan Nyangkokot Terancam Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bantaran Jembatan Nyangkokot Terancam Longsor

Bantaran Jembatan Nyangkokot Terancam Longsor

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 16.30.00

TELUKJAMBEBARAT,RAKA - Seringnya truk mangkal di dekat jembatan Nyangkokot Desa Wanasari mengakibatkan kontur tanah menjadi miring. Saat ini banyak yang khawatir jika sekitar lokasi tetap dijadikan tempat mangkalnya truk keadaan akan jadi parah karena bisa menyebabkan longsor hingga berdampak tertutupnya akses jalan lingkungan yang ada dibawahnya.

Pantauan RAKA Selasa (3/5), hampir setiap hari truk besar mangkal disekitaran jembatan Nyangkokot. Sementara dibeberapa titik bagian lokasi mangkal terlihat bagian tanah yang amblas. Kuat dugaan kondisi itu akibat truk yang sarat material hingga mengakibat beban truk bertambah dan akhirnya jalan pun amblas karena tidak kuat menahan beban truk.
Akibat amblasnya jalan tersebut mengundang kekhawatiran jika jalan tersebut longsor maka jalan lingkungan Desa Wanasari akan tertutup. Kemungkinan ini yang membuat warga yang berada di sekitar bawah jembatan resah. Seperti diungkapkan Wardana (40), warga sekitar jembatan yang rumahnya dekat dengan jembatan nyangkokot. Dia berharap Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Jasa Marga karena fasilitas infrastrukturnya milik Jasa Marga dan menginformasikan perihal jalan yang amblas tersebut kepada para pengemudi truk agar tanah tidak mudah longsor. "Kalau nanti sudah longsor kan yang berabe warga yang ada di bawah jalan tersebut. Dampak jelasnya mungkin material tanah akan menutup badan jalan lingkungan dan perlu secepatnya dinas terkait memberilan larangan berhenti di sepanjang jembatan tersebut," tandasnya.
Semendata itu, Hasanah (27), pedagang yang.mangkal di sekitar jalan itu malah mengatakan beda. Pemilik warung justru terbantu dengan keberadaan truk-truk disana karena jualanannya jadi laku. "Selama ini keberadaan mereka membuat jualan kami laris. Kami hanya berjualan nasi dan minuman segar juga kopi. Masalah tanah yang amblas mungkin karena truk kan sering bawa material dan bebannya juga berat maka jalan mudah amblas," ucapnya.
Lain lagi Daryanto (39) pengemudi truk besar yang membawa material milik pabrik di wilayah Pangkalan. Dia mengaku di tempat itu tidak ada larangan berhenti maka wajar jika jalan itu dijadikan tempat mangkalnya. "Tidak ada larangan berhenti dan merupakan zona aman maka wajar kalau kami berhenti. Sekalian mengembalikan lagi stamina kami karena disitu kami sekalian istirahat juga makan. Selain itu kami juga tidak mau berlama-lama juga istirahat di tempat tersebut, karena kami juga kan diburu waktu," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template