Awasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Ramadan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Awasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Ramadan

Awasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Ramadan

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 17.45.00

- Jelang Ramadan, Pemkab Diminta Operasi Pasar

PURWAKARTA,RAKA- Menjelang datangnya bulan Ramadan, sudah menjadi hal yang lumrah kebutuhan masyarakat meningkat. Hal ini dimanfaatkan pengusaha untuk menaikan harga kebutuhan pokok. Pemerintah diminta untuk mengantisipasinya, jelang datangnya Ramadan tahun ini.
Anggota DPRD Purwakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Dadang Sudirman, meminta Pemkab Purwakarta untuk mulai mengintervensi pasar jelang bulan Ramadan tahun ini. "Pemerintah pusat menginginkan agar puasa dan lebaran harga sembako di pasar bisa turun. Maka, jajaran di Pemkab Purwakarta saya rasa harus menindaklanjutinya dengan mengintervensi pasar lokal," ujar Dadang, kepada Radar Karawang kemarin.

Ia menjelaskan, sudah banyak aspirasi yang masuk ke parlemen Purwakarta, yang meminta agar pemerintah setempat memperhatikan masyarakat kecil dengan daya beli rendah, namun dihadapkan pada efek pisikologi kenaikan harga sembako jelang puasa. "Masyarakat dengan daya beli rendah akan terpukul jika harga-harga bahan pokok meningkat jelang bulan puasa. Maka dari itu, operasi pasar sangat perlu untuk menekan potensi kenaikan harga," ujar Dadang.
Pria yang berdomisili di Plered ini mejelaskan, setiap tahun Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar inflasi kebutuhan bahan pokok. Data statistik itu, harus ditindaklanjuti oleh pemerintah dalam upaya menekan harga pasar. "Misalnya, data BPS menunjukkan bahwa kenaikan harga sering terjadi bulan Juli tahun lalu. Maka, dengan mengacu pada data itu, sebelum bulan Juli pemerintah harus intervensi pasar, operasi pasar, menekan harga agar harga-harga bahan pokok tidak melonjak bulan Juli nanti," ujarnya.
Sementara salah satu pedagang Pasar Tradisional Plered Eis (30) mengatakan, hingga saat ini kenaikan harga sejumlah bahan pokok di pasar tersebut belum tejadi. Eis berharap, kondisi seperti ini bisa terus berlangsung hingga lebaran nanti. "Masih seperti hari-hari biasa belum ada kenaikan yang begitu signifikan hanya baru bawang putih saja naik tiga ribu perkilo," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template