Awas Makanan Kadaluarsa Jelang Puasa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas Makanan Kadaluarsa Jelang Puasa

Awas Makanan Kadaluarsa Jelang Puasa

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 13.00.00

MENJELANG Bulan Suci Ramadan yang tinggal hitungan hari, masyarakat diminta mewaspadai beredarnya makanan kadaluarsa.
Hal ini dikemukakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr Yuska Yasin. Untuk mengantisipasi peredaran makanan kadaluarsa instansi ini berencana menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah swalayan dan toko modern. Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan Disperindag, Sat Pol PP dan intansi lainnya. "Nanti kita sidak dengan Disperindag," kata Yuska.
Menurut Yuska, menjelang bulan suci Ramadan, makanan kadaluarsa memang paling rawan beredar. Oleh karena itu masyarakat diminta jeli ketika membeli makanan dengan melihat terlebih dahulu masa berlaku yang tertera dalam kemasan. "Nanti itu yang trend beredar itu makanan kadaluarsa," jelas dia lagi.
Diakui Yuska, makanan berbahaya ini ini paling rawan beredar di pusat perbelanjaan modern dibandingkan pasar tradisional. "Rentan itu ya swalayan. Makanya kita mau sidak kesana," jelas dia lagi.
Masa kadaluarsa kerap dijadikan acuan untuk menentukan masih bagus tidaknya makanan atau bahan pangan untuk dikonsumsi. Makanan yang sudah melewati masa kadaluarsa biasanya akan langsung disingkirkan daripada membuat masalah bagi kesehatan kalau masuk perut.
Namun kadangkala untuk makanan yang tidak memakai tanggal kadaluarsa akan menyulitkan orang untuk menentukan puncak masa kesegarannya. Contohnya telur, sayur, buah-buahan, dan sebagainya. Biasanya patokan masih layak-tidaknya dikonsumsi dengan melihat dari kondisi fisiknya. Jika membeli telur, sebaiknya langsung disimpan di dalam kulkas. Dalam kondisi dingin seperti itu, telur masih dapat bertahan kesegarannya hingga 3-5 minggu dari tanggal pembelian.
Sementara untuk makanan kalengan bisa dilihat langsung kadaluarsanya dengan melihat petunjuk pada kemasan. Beberapa ahli mengatakan, sekalipun telah melewati tanggal kadaluarsa bukan berarti kualitas makanan menjadi buruk. Pasalnya makanan kalengan dibuat secara hampa udara sehingga kemungkinan tahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa yang ditetapkan. (fah)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template