9 Boks Berkas KPU Dibawa Kejaksaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » 9 Boks Berkas KPU Dibawa Kejaksaan

9 Boks Berkas KPU Dibawa Kejaksaan

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 18.22.00

-Hasil Penggeledahan 3 Jam

KARAWANG, RAKA - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang menggeledah kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Kamis (19/5). Sekitar 3 jam menggeledah, kejaksaan memboyong 9 boks berkas dari KPU.
Sebanyak 12 orang penyidik kejaksaan yang dipimpin Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang Titin Herwati Utara langsung menggeledah setiap ruangan yang ada di kantor KPU, sejak pukul 09.00 hingga pukul 14.00. Petugas kepolisian bersenjata lengkap berjaga di pintu masuk lobi KPU, selama penggeledahan berlangsung.
Titin mengatakan, penggeledahan yang dilakukan tim penyidik kejaksaan untuk mencari alat bukti tambahan, terkait penanganan dugaan korupsi alat peraga kampanye yang saat ini memasuki tahap penyidikan. “Ada beberapa dokumen penting yang kita amankan terkait kegiatan KPU, dalam pelaksanaan pilkada tahun lalu,” katanya.
Titin mengungkapkan, dokumen tersebut dianggap penting untuk melengkapi alat bukti yang sudah dimiliki kejaksaan. “Dari beberapa dokumen yang kita amankan akan kita gunakan untuk memperkuat alat bukti, yang sudah kita punya sebelumnya,” ujarnya.
Sejauh ini, tercatat ada 60 orang diperiksa terkait dugaan korupsi KPU Karawang dari beberapa instansi. Diantaranya komisioner KPU Karawang, termasuk pemenang tender APK yakni Percetakan Agil yang beralamat di Jalan By Pass Karawang Barat. Percetakan itu pun tak luput digeledah petugas kejaksaan. Hasil penyelidikan sementara Kejari Karawang, negara telah dirugikan sekitar Rp 1,3 miliar dari total anggaran pilkada Rp 59 miliar.
Usai penggeledahan, Ketua KPU Karawang Riesza Affiat menyatakan, pihaknya menghormati proses hukum yang dilakukan Kejati dan Kejari, terhadap institusi yang dipimpinnya. Penggeledahan ini diakuinya proses lanjutan yang dilakukan kejaksaan, dari pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya. "Berkas yang dibawa ialah berkas terkait keuangan dan aturan-atuaran penyelenggaraan Pilkada," kata Riesza. (dri/ops)

Anggaran KPU
Dana yang diterima
Rp 59,5 miliar
Dana yang terpakai
Rp 48,1 miliar

Anggaran Alat Peraga Kampanye
Rp 12 miliar

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template