574 Warga Karawang Positif AIDS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 574 Warga Karawang Positif AIDS

574 Warga Karawang Positif AIDS

Written By Mang Raka on Jumat, 27 Mei 2016 | 12.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Diam-diam ada 574 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Karawang. Penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual dan jarum suntik ini, semakin meluas.
Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, Sukarjono mengatakan, mayoritas penderita HIV/AIDS itu berusia 14 sampai 30 tahun. Mereka memiliki profesi yang variatif, ada ibu rumah tangga, Wanita Tuna Susila (WTS), karyawan pabrik, termasuk anak-anak dan balita. "Kalau diprosentasikan, ada 1 persen penderita HIV/AIDS itu anak-anak dan balita," ujarnya di sela acara sosialisasi bahaya seks bebas di SDN Dawuan Barat III, Kamis (26/5).
Menurutnya, balita dan anak-anak tertular karena orangtuanya sudah terkena HIV/AIDS. Sehingga saat ibu menyusui anaknya, secara otomatis bayi tertular penyakit yang belum ada obatnya itu. "Jadi tidak bisa disembuhkan. Makanya kami lakukan sosialisasi ke setiap kalangan," ujarnnya.
Kepala Puskesmas Cikampek Dr H Deddy Ferry Rachmat MKM, menyampaikan, sosialisasi di SDN Dawuan Barat III itu merupakan langkah pencegahan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, KPA dan Dinas Pendidikan. "Tentu tujuannya agar masyarakat mengerti akan bahaya penyakit yang bisa ditularkan melalui seks," ujarnya.
Ia melanjutkan, di lingkungan sekolah, lingkungan sosial masyarakat, memiliki potensi yang sama. Untuk penyuluhan kali ini yang menjadi pesertanya adalah orangtua murid, tokoh masyarakat, guru dan ustad.  "Jadi kami peduli. Mudah-mudahan bisa meminimalisir resiko-resiko di lapangan. Terutama bagi anak-anak. Karena masa depan anak sangat berarti," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template