500 Meter Steril dari Toko Modern - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 500 Meter Steril dari Toko Modern

500 Meter Steril dari Toko Modern

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 14.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Pelaku usaha kecil kini bisa bernapas lega. Sejak Peraturan Daerah (Perda) tentang Pasar Rakyat, Pasar Modern dan Swalayan disahkan, ada aturan ketat mengenai jarak antara toko modern dengan pasar tradisional.
Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Karawang H Danu Hamidi mengatakan, minimal 500 meter dari pasar tradisional dilarang berdiri toko modern. Pemda harus mengecek secara detil jaraknya, sebelum memberikan izin pendirian pasar modern. "Pemda harus serius persoalan ekonomi. Jangan mudah mengizinkan toko modern. Karena pasti bisa merusak ekonomi pedagang kecil," tegas Danu kepada Radar Karawang, Minggu (29/5).
Menurutnya, pemerintah harus serius dan fokus menggarap sektor ekonomi. Karena dengan perekonomian yang baik, maka kesehatan dan pendidikan di Karawang juga akan baik. Begitu juga sebaliknya. Jangan sampai warga Karawang menjadi tamu di rumah sendiri. Dia mencontohkan, kehadiran toko swalayan yang notabene pemiliknya bukan warga lokal, membuat warga Karawang terpaksa mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk orang luar. Seharusnya, pembangunan yang dialokasikan oleh pemda melalui APBD, bisa berbanding lurus terhadap kesejahteraan masyarakat. Utamanya infrastruktur jalan yang semakin baik. Hal itu yang membuat para investor tertarik terhadap Karawang. "Infrastruktur yang memadai. Tentunya jadi daya tarik bagi investor. Harusnya ini dimanfaatkan oleh warga pribumi," ujarnya.
Lain dari itu, pasar rakyat yang ada di Karawang, mulai dari Cikampek, Jatisari, Cilamaya, Rengasdengklok, Johar, Pasar Baru Karawang dan pasar-pasar lainnya, harus didorong oleh pemda untuk terus dilakukan perbaikan. "Ada dua langkah sebenarnya. Pertama revitalisasi pasar dan kedua penataan pasar. Ini yang harus dilakukan pemda. Bisa dengan anggaran pemda. Bisa juga pihak swasta," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template