Waspadai Penyakit Demam Berdarah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Penyakit Demam Berdarah

Waspadai Penyakit Demam Berdarah

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Warga Kampung Cipeuteuy, Desa Mekarbuana, mulai berbenah mempersiapkan diri menghadapi masa transisi seperti saat ini. Mereka meningkatkan kewaspadaan terhadap datangnya penyakit tahuhan yang menyerang setiap kali terjadi peralihan cuaca tersebut.

Perubahan cuaca, biasa di warnai dengan berbagai polemik, baik dari kondisi keadaan alam, kontur tanah, kualitas suhu, intensitas angin, dan juga perubahan arah mata angin. Demikian pula dengan berkembangnya bibit penyakit yang setiap perubahan cuaca mudah dengan cepat berkembang. Ada dua musim di Indonesia yaitu musim hujan dan kemarau.
Demikianpun bibit penyakit diidentifikasi dalam dua musim. Musim kemarau biasanya diwarnai berkembangnya bibit penyakit panas dalam, disentri, typus, dan demam berdarah. Begitu pun musim Hujan, variasi berbagai penyakit pun membuat khawatir warga dari penyakit demam berdarah, flu, batuk, demam panas dan berbagai penyakit. Pengelompokan bibit penyakit tergolong bisa dianggap mengancam jiwa jika pengobatannya lambat.
Dijelaskan, Kepala Unit Gawat Darurat Puskesmas Tegalwaru, Dr.Bubun Bunyamin.MM, Jumat (29/4) perubahan cuaca memang saat ini perlu diawasi secara pencegahan (Preventive), agar bisa terlepas dari terjangkitnya bibit penyakit. "Pencegahan adalah cara terbaik agar tidak mudah terjangkiti oleh penyakit, maka melakukan berbagai cara dengan membersihkan lingkungan, dan antisipasi kegiatan aktual seperti berolahraga dan selalu Hidup sehat," ucapnya.
Sementara, Azi (29), pemuda setempat kebersihan lingkungan akan lebih penting untuk pencegahan dan bersama secara swadaya maka diharapkan bisa terlepas dari bibit penyakit yang kadang mengintai masyarakat. "Sementara kebersihan kadang mereka jarang perduli dengan kebersihan, jujur saja terlebih swadaya kebersihan kadang hanya mengandalkan aparatur desa saja hingga mereka mudah terjangkiti penyakit, baru lah kesibukan untuk berobat malah kadang menyalahkan pemerintah," kesalnya.
Di lain tempat, Enem (40), menjelaskan, kualitas cuaca saat ini menuntut masyarakat bisa mengantisipasi agar tidak mudah terjangkiti penyakit. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template