Warga Pasar Dilatih Memadamkan Api - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Pasar Dilatih Memadamkan Api

Warga Pasar Dilatih Memadamkan Api

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA- Pasar merupakan salah satu tempat yang rentan terkena kebakaran. Oleh karenanya, semua warga pasar harus memahami bagaimana cara menghadapi kobaran api dan bagaimana menjinakannya. Untuk lebih memahami itu, puluhan tim keamanan, forum PKL dan para pedagang mengikuti latihan cara memadamkan api.
Latihan dipimpin oleh tim pemadam kebakaran Kabupaten Karawang, tepatnya dari regu II Cabang Cikampek, dengan dipimpin Ceep Jeni Rana Wijaya, sebagai Danru. Peserta pelatihan mendengarkan teori secara seksama dan langsung diikuti praktek untuk memadamkan api. "Kami ucapkan terima kasih, meski bapak-bapak sudah tidak muda, tapi terlihat semangat dalam mengikuti latihan ini. Kami harap ini menjadi bekal saat ada bahaya kebakaran mengancam," ujar Jeni, Kamis (21/4).
Dia menyampaikan, latihan atas undangan tim keamanan Pasar Cikampek serta mantri pasar ini, merupakan program yang sangat baik, karena dengan mengikuti latihan, minimalnya peserta tidak panik saat terjadi kebakaran. Dan faham bagaimana cara mengatasinya, terutama memahami bagaimana cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), termasuk cara lain untuk memadamkan api, seperti dengan menggunakan karung basah. "Kami sampaikan secara detail, bagian-bagian dari APAR. Terus langsung dipraktekan. Ternyata mereka sangat piawai. Meski baru pertama menggunakan APAR," ujarnya.
Koordinator Keamanan, Aep Saepudin, menyampaikan, sebagai keamanan akan terus berupaya melindungi para pedagang dan pasar. Karenanya mengenal APAR dan bagaimana cara menghadapi api merupakan keharusan tim keamanan pasar. "Kami sengaja menundang tim pemadam kebakaran. Untuk lebih meningkatkan pengetahuan tim keamanan, dalam menghadapi kebakaran," ujarnya.
Karena yang namanya bencana tidak tahu kapan datangnya, sehingga tim keamanan harus siap siaga dalam keadaan dan situasi apapun. Dengan demikian para pedagang termasuk para pembeli yang masuk ke pasar akan merasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya di pasar. "Tugas kami menjaga keamanan. Termasuk mencegah bencana seperti kebakaran," ucapnya.
Sementara Mantri Pasar  Hasan Mahpud, memahami APAR dan bagaimana menghadapi api harus difahami oleh semua warga pasar, bukan hanya tim keamanan, melainkan para pedagang, bahkan termasuk kuli panggul. Karena saat ada kebakaran terjadi, tentunya tidak bisa harus menunggu pemadam kebakaran, melainkan orang yang paling dekatlah yang harus bisa menghentikan kobaran api. "Kalau bagi kami, semua warga pasar harus memahami APAR, memahami cara mencegah api semakin membesar. Kalau semua faham, maka saat ada api bisa segera diatasi, tidak harus menunggu petugas damkar," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template