Warga Miskin Terpaksa Pakai Jamkesmas Tetangga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Miskin Terpaksa Pakai Jamkesmas Tetangga

Warga Miskin Terpaksa Pakai Jamkesmas Tetangga

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 13.30.00

-Bantuan Pemerintah Tak Pernah Dirasakan

RENGASDENGKLOK, RAKA - Ternyata bantuan bagi warga miskin yang selama ini digelontorkan pemerintah tidak merata. Buktinya banyak warga tidak mendapatkan program bantuan untuk meringkankan beban hidup mereka.
Seperti yang dialami satu keluarga di Dusun Karajan RT05/01 Desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok ini. Hampir 10 tahun, mereka tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.
Didin (51) mengaku bahwa selama ini belum ada bantuan yang pernah dirasakan langsung oleh keluarganya baik itu Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau pun berbagai jenis bantuan yang turun dari pemerintah. Padahal menurut dia, keluarganya berhak mendapatkan bantuan tersebut. Namun sayangnya sejak masa kepemimpinan Presiden SBY sampai Jokowi, mereka tak pernah sekali pun mendapat program andalan pengentas kemiskinan. "Dari dulu sejak zaman SBY ada bantuan BLT aja gak pernah dapat bantuan apapun," ungkapnya.
Mesti bukan berharap adanya belas kasihan dari masyarakat ataupun pemerintah. Namun ia sungguh menyayangkan jika bantuan ini tidak dibagikan secara merata. Buktinya kata dia, untuk pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) saja tidak diterimanya. "Aneh saja tetangga yang lebih mampu dari saya saja dapat bantuan, kenapa keluarga kami tidak," tanyanya.
Karti (40) ibu rumah tangga lainnya mengaku sangat prihatin mengingat keluarganya justru lebih sulit dibanding mereka yang sudah dapat bantuan dari golongan warga mampu. Bahkan ia kerap mempertanya haknya tersebut kepada beberapa pegawai desa. Namun sayang jawaban yang didapat hanya harapan tidak pasti. "Saya juga sering tanyakan kepada pegawai desa, kenapa keluarga kami tidak pernah mendapatkan bantuan sedangkan keluarga yang lebih mampu dari kami dapat kan tidak adil. Jawabnya hanya nanti juga dapat begitu begitu terus," jelasnya saat bercerita.
Ibu yang mempunyai satu anak dan satu cucu ini juga merasa kecewa karena selama ini adik kandungnya yang cacat tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah. Agar terhindar dari biaya persalinan putri semata wayangnya saja harus menggunakan kartu jamkesmas orang lain. "Ya tidak pernah dapat bantuan, kemarin juga cuma minjem punya tetangga," akunya.
Menanggapi kekecewaan warganya tersebut Kepala Desa Kalangsari Teti Firdaus menyampaikan bahwa tidak sepenuhnya pemerintah menanggung kehidupan masyarakat. Bahkan ia tengah mencari berbagai bantuan untuk masyarakat. "Kalau selama hidup mah masa harus ditanggung pemerintah, ayena oge abdi teh nuju aprak-aprakan milarian bantosan ka Dinsos,BPBD," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template