Warga Citalaga Minta Listrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Citalaga Minta Listrik

Warga Citalaga Minta Listrik

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 16.30.00

PANGKALAN,RAKA - Puluhan Kepala keluarga (KK) di wilayah Kampung Citalaga, Desa Tamanmekar, membutuhkan penerangan. Sampai saat ini kampung mereka belum tersentuh jaringan listrik.

Pantauan RAKA, Jumat (29/4) warga disana rata-rata keluarga petani yang produktif dan menjadi sandaran agri pertanian pendukung dua kecamatan. Didalamnya ada yang  sebagai petani tumpangsari di areal pertanahan milik Perum Perhutani. Sayangnya faktor pendukung profesi mereka tidak sebanding dengan apa yang sudah dipersembahkan.
Mereka menjadi petani penggarap sekitar 30 hektare sawah disana.
Hasil pertanian di wilayah itupun selama ini menyuplai pasar di dua wilayah administratif Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. Mereka membutuhkan informasi baik untuk kemajuannya sendiri maupun pengetahuan secara teknologi melalui informasi non formal seperti di Televisi maupun media elektronik lainnya yang bisa mereka peroleh jika listrik sudah masuk ke daerah itu.
Dijelaskan Sukimarto (40) petani setempat di wilayah itu terdapat sekitar 20 Kepala kelurga dan jiwa usik sekitar 97 jiwa. Saat itu belum ada penerangan, sementara para petani sangat membutuhkan sarana tersebut untuk tetap bertahan dan bisa mendapatkan informasi teknologi dan pengetahuan yang lainnya. "Untuk saat ini yang kami butuhkan memang akses listrik agar bisa mendapatkan penerangan dan bisa mendapatkan teknologi dan pengetahuan yang lainnya. Memang kewenangan itu ada di pemerintah maka saya berharap bisa mendapatkan akses listrik atau program apapun yang penting kami bisa mendapatkan penerangan," ucapnya.
Di tempat terpisah, Irawan (35), petani sekitar juga menjelaskan, petani disini sangat kontras dengan kondisinya yang berdekatan dengan zona industri yang sangat berlimpah listriknya sementara di wilayah para petani mengalami gelap gulita. "Dekat dengan kawasan konsorsium tapi kami sulit mendapatkan listrik. Pemerintah bisa saja kan memberi listrik nya dengan mengajak kerja sama Kawasan Industri," jelasnya.
Endang (55), aparatur Desa Tamansari, saat dikonfirmasi terkait belum adanya listrik di Kampung Cibeureum, Desa Tamansar,i menyampaikan, memang listrik masuk ke wilayah Kampung Cibeureum pun agak terlambat dan baru bisa di realisasikan di awal-awal tahun 2014 yang lalu. "Sebenarnya jika di keting (Buat jalur listrik di tiang PLN) akan lebih dekat dengan wilayah Kampung Cibeureum. Cuma jarak kabel yang justru lumayan mahal hingga dibutuhkan anggaran cukup besar," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template