Toyota Contoh Terbaik Penyaluran CSR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Toyota Contoh Terbaik Penyaluran CSR

Toyota Contoh Terbaik Penyaluran CSR

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dapat menjadi contoh penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Pangkal Perjuangan. Perusahaan produsen otomotif itu dianggapnya sudah mampu mengaplikasikan regulasi yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Hal itu diakui Bupati Karawang, Cellica R. Nurachadiana, Kamis (21/4), ketika dalam kunjungan kerja ke PT TMMIN di Karawang International Industrial City (KIIC).
"Toyota salah satu perusahaan yang mematuhi atau yang terbaik dalam penyaluran CSR. Sebab, perusahaan tersebut sudah bisa mengaplikasikan regulasi pemerintah. Kami harap Toyota menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam hal penyaluran CSR," ujar Cellica.
Cellica berharap seluruh stakeholder termasuk perusahaan bisa menghormati dan mengaplikasikan regulasi yang dibuat pemerintah. Sebab, regulasi tersebut dibuat dengan anggaran yang tidak sedikit. "Regulasi tersebut tidak dibuat dengan gratisan, melainkan dengan anggaran rakyat. Sehingga kami harap semua pihak menghormatinya," ungkapnya.
Politisi asal Partai Demokrat (PD) itu mengatakan kunjungan kerja atau inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan tersebut. Cellica menegaskan, pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif terhadap pihak perusahaan. "Sidak itu untuk melihat aplikasi perda tersebut. Jika memang belum bisa, penyebabnya apa, dan apa solusinya. Yang penting secara bertahap bisa dilaksanakan," ungkapnya.
Pemkab sendiri, kata Cellica, menargetkan Perda Nomor 1 Tahun 2011 dan Perbup Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Ketenagakerjaan  bisa diaplikasikan sepenuhnya selama lima tahun. Sehingga, tidak ada alasan bagi perusahaan tidak mematuhi regulasi tersebut. "Jika memang kemudian perusahaan tidak mematuhi, saya rasa Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) sebagai penegak perda harus bertindak," bebernya.
Sementara itu, Vice President Director TMMIN, Warih Andang Tjahjono, mengatakan, TMMIN baru bisa melaksanakan sebagian regulasi tersebut. Hanya saja, pihaknya akan berusaha menyesuaikan  dengan regulasi yang ada. "Kita akan terus melakukan evaluasi dan peningkatan. Kami akan terus melakukan penyesuaian,"ucap Warih.
PT TMMIN, lanjut Warih, mempunyai komitmen bahwa perusahaan tempatnya bekerja harus bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, TMMIN aktif dalam berbagai kegiatan sosial. CSR PT TMMIN sendiri disalurkan dalam dua skala, yakni nasional dan lokal. Hanya saja, karena sebagian besar produksi di Karawang, maka sebagian besar CSR disalurkan di  Karawang, melalui program yang dikenal "Toyota Berbagi".
Pihaknya, kata dia, juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Karawang,  melalui berbagai pelatihan kerja yang dilanjutkan dengan perekrutan. "Kami juga akan terus meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan," katanya.
Ia juga mengatakan jika kualitas pekerja asal Karawang sudah semakin membaik. Hanya saja, kualitas tersebut harus terus ditingkatkan. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template