Tolak BP4K Balik ke Dinas Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tolak BP4K Balik ke Dinas Pertanian

Tolak BP4K Balik ke Dinas Pertanian

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 April 2016 | 12.30.00

CILAMAYA, RAKA - Wacana BP4K Karawang yang akan kembali menginduk ke Dinas Pertanian sebagaimana amanah UU Nomor 23 tahun 2014 tentang perubahan pemerintahan daerah, ditolak Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Karawang Yoyo Sutaryo.
Menurutnya, kelahiran BP4K sejak 2006 itu merupakan buah perjuangan sejak tahun 2005 karena efektifitas penyuluhan lebih fokus. "Itu kami perjuangkan sejak 2005 sebelum UU penyuluhan tahun 2006 lahir, sekarang ada wacana dikembalikan ke dinas, mohon dievaluasi kembali," tandas dia.
Lebih jauh ia menambahkan, BP4K yang beranggotakan ratusan THL dan penyuluh PNS ini merupakan lembaga pendukung program pertanian. Berbeda dengan Kabupaten Purwakarta, Cianjur dan  Cimahi, yang tidak memiliki BP4K. Karawang dengan hamparan sawah yang luas harusnya tetap mempertahankan keberadaan BP4K.
Ditengah keterbatasan honor dari pusat dan daerah, penyuluh tetap menaruh harapan ingin tetap punya lembaga, karena jika kembali ke dinas tambahnya, penyuluh akan sulit dibedakan dengan tugas-tugas staf karena kantor-kantor BP3K akan jadi UPTD Pertanian. "Nantinya penyuluh lebih banyak struktural jadi staf, padahal, efektifitas penyuluhan sangat penting," tandas dia.
Dibanding mengembalikan BP4K ke dinas kembali, lebih baik wacanakan dibentuknya dinas khusus penyuluhan. Karena penyuluh itu punya target yang harus disampaikan kepada semua petani. Meskipun dalam UU baru itu juga memasung kelompok tani dewasa ini dengan mengharuskan berbadan hukum untuk dapatkan bantuan. Padahal poktan itu merupakan kelas belajar bukan usaha. "UU 23 ini saya sarankan agar direvisi lagi lah, selain merugikan penyuluh juga dapat merugikan petani," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template