Tandatangan Cellica Berpeluang Dipalsukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tandatangan Cellica Berpeluang Dipalsukan

Tandatangan Cellica Berpeluang Dipalsukan

Written By Mang Raka on Kamis, 14 April 2016 | 13.30.00

-Inspektorat: Punya Dua Tandatangan Diperbolehkan

CILAMAYA, RAKA - Mencuatnya dua tandatangan Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana yang berbeda antara SK dan prasasti akhirnya ditanggapi inspektorat.
Kepala Inspektorat Karawang H Endang Somantri mengungkapkan bahwa dalam pandangannya, selama kedua tandatangan itu diakui oleh pemiliknya maka itu dibolehkan, walaupun memiliki dua tandatangan yang berbeda. Yang tidak boleh adalah, memiliki tandatangan tapi tidak diakui oleh pemiliknya sendiri.
Disinggung keabsahan secara hukum, mantan Asda 1 ini enggan menyebut bahwa pemilik dua tandatangan sah atau tidak. Karena, kewenangan menyebut sah atau tidaknya hanya bisa dibuktikan oleh lembaga penegak hukum. "Boleh saja, selama tandatangan itu diakui pemiliknya, tapi saya tidak mengatakan sah atau tidak, karena itu domainnya pengadilan yang menyatakan," ungkapnya.
Endang menambahkan, tandatangan antara di KTP tak perlu sama dengan tandatangan sehari-hari. Sebab dalam berbagai pengalaman, soal tandatangan ini kadang-kadang digunakan berbeda para pejabat tertentu, bisa dipanjangkan atau pendek. Namun lagi-lagi, tapi selama keduanya diakui boleh-boleh saja. "Tandatngan asli yang di KTP itu juga kan sering berubah-rubah," ujar dia.
Sementara itu, Kabag Hukum Karawang Kiki Saubari saat hendak dikonfirmasi yang bersangkutan tidak memberikan balasan sampai berita ini ditulis. Sementara Kabag Humas Karawang Matin Abdul Razak mengaku enggan memberikan komentar terlebih dahulu kaitan hal ini. Karena masih akan dibahas bersama Kabag Hukum dan Inspektorat Karawang.
Sementara itu, adanya dua tandatangan Bupati Karawang yang berbeda, menuai kecaman dari sejumlah aktivis. Kata Ketua Lodaya Karawang, Nace Permana, tandatangan menunjukan identitas seseorang. Ingat, Cellica bukanlah masyarakat biasa, dia terus Nace merupakan pemimpin yang harus bisa menempatkan posisinya serta tidak boleh membingungkan bawahannya. Dua tandatangan milik Cellica dalam SK maupun Prasasti yang berbeda, menunjukan sekurang-kurangnya, Bupati Karawang merupakan sosok yang tidak konsisten.
Ia khawatir, jika tandatangan ada dua yang berbeda dalam pengurusan administrasi maupun acara seremonial, ini rentan dipalsukan orang di sekelilingnya. Jika mau, dirinya balik menantang buka semua berkas SK, Perbup maupun Perda yang ditandatangani Cellica selama ini. Jangan-jangan curiga Nace, ada tandatangan tertera yang berbeda. "Cellica itu tidak konsisten, ini rawan dipalsukan orang loh? Lebih parahnya bisa digugat penerima SK dan yang berkepentingan selama ini," ungkap dia.
Nace menambahkan, Kabag Hukum dan Inspektorat wajib menelaah dan mengkaji untuk menjelaskan sejelas-jelasnya atas polemik tandatangan Cellica ini. "Jangan mainkan tandatangan untuk produk-produk hukum, Kabag Hukum jangan diam saja dong! Ini bahaya," pungkas mantan calon bupati Karawang ini. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Kok berani sih punya tanda tangan lebih dari satu,ini akan membahayakan diri sendiri maupun kepentingan umum kalau dia seorang Pejabat/Kepala,coba orang/staf/bawahan terdekat beri advis yg baik untuk Bupati kita.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template