Tahun Ini Seluruh Sekolah Ditarget Punya Toilet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tahun Ini Seluruh Sekolah Ditarget Punya Toilet

Tahun Ini Seluruh Sekolah Ditarget Punya Toilet

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 16.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Pemkab Purwakarta, berhasil mengarahkan konsep ruang kelas di seluruh pusat pendidikan yang ada lebih beradab. Terbukti, saat ini hampir seluruh ruang kelas di sekolah dari mulai tingkat SD hingga SMA/Sederajat, memiliki fasilitas layaknya sebuah hotel. Yakni, terdapat sebuah toilet dan westafel.
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, program ruang kelas beradab yang digulirkan sejak 2014 lalu ini hampir rampung. Sampai saat ini, sudah 70 persen sekolah tingkat SD sampai SMA telah memiliki fasilitas untuk kebersihan di setiap ruang kelasnya. "Tahun ini, kami targetkan seluruh sekolah yang ada sudah memiliki sebuah toilet dan westafel di ruang kelasnya," ujarnya, kepada Radar Karawang, Rabu (27/4).
Dedi mengaku, alasan pihaknya menggulirkan program satu kelas satu toilet ini, agar anak-anak bisa belajar disiplin akan pentingnya kebersihan sejak dini. Baik itu kebersihan pribadi siswa ataupun lingkungannya. Mengingat, selama ini banyak sekolah yang hanya memiliki satu atau dua toilet yang biasanya digunakan bersama-sama oleh seluruh siswa. "Kondisi toilet yang demikian, tidak mencerminkan kebersihan. Bila toiletnya saja kotor, bagaimana siswanya mau sehat. Sebab, lingkungan yang kotor jadi sarang penyakit," jelas dia.
Akibatnya, lanjut dia, toilet sekolah selalu dalam kondisi kotor, bau dan tak layak pakai. Dengan kondisi itu, jelas penyebaran bakteri dan kuman akan semakin tinggi. Sehingga, banyak siswa yang terkontaminasi oleh bakteri setelah membuang hajat di toilet sekolahnya. Untuk itu, sejak 2014 lalu, pihaknya berupaya membenahi kondisi itu dengan menggulirkan program tersebut. Supaya anak-anak bisa lebih menjaga kebersihan. Karenanya, upaya ini harus dimulai dari sekolah. Dengan kata lain, sekolah harus menjadi pusat peradaban. Peradaban tata cara hidup yang sehat dan baik. "Kebijakannya ini untuk membangun masyarakat yang sehat. Dan untuk membangunnya harus diawali dari instrumen pemerintah yakni dibidang pendidikan sejak dini. Intinya, pemkab ingin menciptakan ruang kelas yang lebih beradab," jelas Kang Dedi.
Terkait anggaran yang digunakan untuk program tersebut, Dedi mengatakan, tak ada standarisasi yang dia terapkan. Artinya, kebutuhan anggarannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Bahkan, satu sekolah bisa menghabiskan anggaran hingga Rp 300 juta untuk membangun satu kelas lengkap dengan toilet dan wastafel di luar dan dalam. (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template