Sukandi Kendalikan Desa Dibalik Jeruji Besi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Sukandi Kendalikan Desa Dibalik Jeruji Besi

Sukandi Kendalikan Desa Dibalik Jeruji Besi

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 15.30.00

- Pelayanan Masih Berjalan Normal

CIKAMPEK, RAKA- Meski di dalam tahanan, Kepala Desa Kalihurip Sukandi masih bisa mengendalikan pemerintahan. Surat atau berkas yang perlu tanda tangannya, dibawa ke dalam sel untuk ditanda tangani. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat tak terganggu.
Sekretaris Desa (sekdes) Kalihurip, Pujianto, memastikan kinerja Pemerintahan Desa Kalihurip tetap berjalan normal meski kepala desanya berada ditahanan. Pasalnya, tidak setiap berkas harus dibubuhi tanda-tangan kepala desa, melainkan cukup dengan sekdes. Bahkan meskipun membutuhkan tanda tangan kades, pihaknya bisa membawa berkas tersebut ke sel untuk ditandatangan kades.
"Pemerintahan desa berjalan normal. Tidak ada hambatan. Kan masih ada saya sebagai sekdes," ujar Puji, kepada Radar Karawang, Selasa (26/4).
Dia menyampaikan, berkas yang harus dibubuhi tanda tangan desa relatif sedikit, hanya persoalan pengajuan-pengajuan kepada pemda, gubernur dan pemerintah pusat. Tetapi saat ini semua berkas tersebut sudah selesai, jadi tidak ada proses yang sulit. "Untuk berkas pengajuan-pengajuan semuanya sudah selesai. Jadi hanya nunggu pencairan," ucapnya.
Disinggung mengenai dana desa, dia menyampaikan, saat ini pengajuannya sudah selesai pada tahap II, dan tinggal menunggu pencairan, sedangkan untuk dana desa tahap tiga baru bisa diajukan kalau dana desa tahap duanya sudah selesai realisasi dan SPJ. "Itu mah bisa disusulkan tanda tangannya. Kami tinggal bawa berkasnya ke Pak Kades," ucapnya.
Selain itu, tambah Puji, untuk berkas lain yang harus ada tanda tangan kades adalah kaitan dengan dokumen jual beli lahan atau tanah. Tetapi sejak kades diamankan polisi sampai saat ini belum ada berkas yang berkaitan dengan tanah. "Jadi saya pastikan aman-aman saja. Gak ada kendala apa-apa. Untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat berjalan seperti biasa," akunya.
Ketua BPD Kalihurip, Yaya Sukarya, juga membenarkan bahwa kinerja pemerintahan desa bejalan normal, tidak ada hambatan apa-apa. Masyarakat juga tetap terlayani dengan baik. Oleh karenanya, tidak ada yang perlu dihawatirkan, karena semuanya juga sudah sesuai ketentuan yang berlaku. "Sudah ada tupoksinya masing-masang. Masyarakat jangan khawatir ada pelayanan yang terhambat di desa," jelasnya.
Sementara, Sekretaris Kecamatan Cikampek, Purwadi, menyampaikan, berdasarkan aturan yang berlaku, Kades Kalihurip masih tetap menjalankna tugasnya sebagai kepala desa, meskipun saat ini dia tidak ngantor di kantor desa. "Selagi belum ada kekuatan hukum tetap atau inkrah. Dia tetap yang mengendalikan pemerintahan desa yah. Aturannya kan gitu," ujarnya.
Kemudian kalau memang ada berkas atau dokumen yang harus ditandatangani oleh kades, berkasnya tinggal disusulkan saja. Dengan demikian pelayanan tetap berjalan normal, tidak akan ada hambatan apa-apa. "Jadi pemerintahan desa, tetap bisa berjalan normal," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template