SPP Bukan Pinjaman Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » SPP Bukan Pinjaman Gratis

SPP Bukan Pinjaman Gratis

Written By Mang Raka on Sabtu, 23 April 2016 | 13.00.00

- Modal Awal BUMDes Balonggandu Rp 25 Juta

JATISARI, RAKA- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Balonggandu, mulai menggarap perekonomian masyarakat. Hal itu ditunjukan dengan diluncurkannya program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) kepada para pedagang dan pelaku Usaha Mikoro Kecil Menengah (UMKM).
"Desa yang hebat, adalah desa yang mampu mengembangkan potensi yang ada. Kami mulai menyentuh pelaku UMKM," ujar Direktur BUMDes Balonggandu, Anang Sunarya, kepada Radar Karawang, Rabu (20/4).
Dia menyampaikan, setiap kelompok yang diberikan perguliran modal terdiri dari 5 anggota. Sedangkan kisaran pinjaman modal peranggotanya Rp 500 ribu. Jadi setiap kelompok usaha mendapat pinjaman sebesar Rp 2.5 juta. "Kami sudah memberikan pinjaman kepada kelompok Anggrek III yang berada dilingkungan RT 03/01. Meskipun baru Rp 500 ribu per anggotanya. Kami harap bisa dikelola dengan baik," ujarnya.
Bantuan modal ini, lanjut dia, harus dikembalikan karena ini bukan bantuan keuangan modal usaha secara cuma-cuma. Anang juga menegaskan, dengan adanya program SPP yang dirintis BUMDes Balonggandu, sebagai bukti bahwa pemerintahan desa memperhatiakn kepada para pelaku usaha kecil. "Ada fenomena dimana masyarakat meminjam kepada koperasi keliling yang mudalnya sangat tinggi. Dengan program yang kami luncurkan ini, tentu bisa menjadi pilihan terbaik bagi pelaku usaha," ujarnya.
Menurutnya, para pengguna modal dari BUMDes akan mengembalikan uang pinjaman modal usaha tersebut setiap Minggu sebesar Rp 15 ribu selama 40 Minggu. "Secara teknis dalam perguliran SPP ini, kami pihak BUMDes dengan anggota kelompok sudah menyepakati ketentuan sebelumnya," ucapnya.
Dia menyampaikan, untuk memajukan perguliran modal usaha dari BUMDes di Desa Balonggandu sangat potensial. Karena ada 40 RT dan 8 dusun, jika per RT ada 1 kelompok, maka perguliran modal usaha yang ditawarkan BUMDes akan cepat berkembang. "Modal awal untuk simpan pinjam sebesar Rp 25 juta. Insya Allah akan maju perguliran modal usaha ini. Karena sangat bermanfaat untuk bangkitnya ekonomi ditiap RT," ujarnya.
Kepala Desa Balonggandu, Suhanda menyampaikan, dengan digulirkannya modal usaha melalui program SPP. Para pelaku usaha kecil disetiap RT tidak lagi kesulitan untuk mencari tambahan modal usaha. "Sekali lagi, ini bantuan modal usaha ini harus dikembalikan. Bukan gratis, sebab ini program Bumdes melalui SPP untuk kepentingan usaha masyarakat kecil," ujarnya. (zie)


SPP BumDes Balonggandu
Ketentuan pinjaman SPP
- Setiap kelompok terdiri 5 anggota
- Masing-masing anggota diberikan pinjaman Rp 500 ribu
- Pinjaman dicicil selama 40 minggu
- Cicilan dibayar per minggu Rp 15 ribu

Wilayah Desa Balonggandu
- 40 RT
- 8 Dusun

Modal awal
Rp 25 juta
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template